Tes Cakades Dicurigai Ada Permainan

  • Whatsapp
PILKADES: Ratusan cakades melakukan tes tulis dan wawancara di Islamic Center, Sumenep pada 2 Oktober 2019 lalu.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sumenep, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep mulai mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari calon kepala desa (cakades) Desa Ambunten Timur, Kecamatan Abunten, Sumenep.

Cakades atas nama Junaidi itu menyebut, panitia penyelenggara yang ditangani langsung oleh DPMD Sumenep, diragukan netralitasnya dalam melaksanakan tes cakades yang dilaksanakan di Islamic Center pada 2 Oktober 2019 lalu.

Dia menduga, di bagian tes kelayakan kepemimpinan, ada permainan. Terutama dalam teknisnya. Sehingga, transparansi tes tersebut juga diragukan.

“Ini yang menjadi pertanyaan bagi saya selaku peserta tes kemarin,” katanya, Selasa (8/10/2019).

Bahkan, Junaidi pengelompokan ruangan yang dicampur dengan cakades dari desa yang berbeda, dinilai sebuah langkah akal-akalan dari pihak panitia pelaksana. Karena menurutnya, pengelompoan tersebut agar antarcakades delegasi tidak saling terungkap nilai atau kemampuannya.

Dengan begitu, Junaidi menuntut agar dirinya dengan seluruh cakades dari Desa Ambunten Timur diuji dalam waktu dan ruang yang sama. Kejanggalan lain yang membuatnya curiga, ada pemberitahuan pihak ketiga atau salah satu pihak perguruan tinggu sebelum tes cakades dilaksanakan, sehingga terkesan ada permainan.

“Kok bisa pihak ketiga yang dalam hal ini Unmer bisa dieskspos sebelum pelaksanaan tes, terkesan gimana gitu,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala DPMD Sumenep M Ramli saat menanggapi hal itu menjelaskan. pelaksanaan tes cakades, baik secara teknis maupun lainnya, diatur pihak ketiga, dalam hal ini Universitas Merdeka Malang (Unmer). Ia sangat yakin bahwa tidak mungkin ada permainan di dalamnya.

“Terkait itu, tidak mungkin pihak ketiga berproses tidak sesuai aturan, karena yang akan menjadi taruhannya adalah kampus atau almamater mereka,” katanya. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *