oleh

Tes Urin Calon Pengantin Gagal Diterapkan di Kabupaten Sampang

Kabarmadura.id/Sampang-Penerapan tes urin bagi setiap pasangan calon pengantin baru, yang merupakan salah satu persyaratan menikah tidak bisa dilaksanakan di Kabupaten Sampang. Alasannya, daerah yang berjuluk Kota Bahari itu, belum memiliki Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang Supardi. Menurut dia, kabupaten/kota yang belum memiliki BNNK tidak bisa melaksanakan tes urin pada calon pasangan pengantin.

“Sampang belum memiliki BNNK, maka kami tidak bisa melakukan tes urin pada calon pengantin baru ini,” ungkapnya, Minggu (16/2/2020).

Dirinya membeberkan, dari empat kabupaten di Madura yang sudah bisa melaksanakan tes urin tersebut, hanya Kabupaten Sumenep, karena sudah memiliki BNNK. Sedangkan daerah yang lain, termasuk Sampang harus membentuk BNNK terlebih dahulu.

Pada dasarnya, tes urin pada calon pengantin itu, merupakan hasil perjanjian bersama antara Kemenag dengan Ketua Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur. Perjanjian tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan pelatihan dan sosialisasi kepada semua pemangku kepentingan.

Maka yang harus merealisasikan program tes urin pada calon pengantin itu, hanya daerah-daerah yang sudah memiliki BNNK. Selain itu, dalam perjanjian itu juga ada kesepakatan bahwa penerapan tes urin pertama dilaksanakan pada tahun 2020.

“Kami dalam waktu dekat akan mengundang BNNK Sumenep, untuk melakukan sosialisasi kepada para penyuluh, sehingga nantinya bisa diteruskan oleh penyuluh kepada masyarakat dari semua elemen,” bebernya.

Sambung Pardi (sapaan akrabnya), kendati belum bisa menerapkan tes urin untuk persyaratan nikah, pihaknya berjanji tetap akan ikut andil dalam memerangi narkoba. Dengan cara melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang hendak menikah untuk menjauhi barang haram tersebut, sehingga calon penggantin bebas dari narkoba.

“Kami selaku pelaksana perkawinan, akan terus galakkan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat, dengan harapan para calon pengantin terbebas dari narkoba ini,” tukasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed