Tidak Bayar Pajak, Satpol PP Bangkalan Copot Puluhan Baliho

  • Bagikan
(FOTO: KM/ISTIMEWA) ILEGAL: Baliho yang dicopot oleh Satpol PP. Penurunan baliho ini disebabkan pemasangan tidak bayar pajak dan beberapa tidak berizin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Setoran pajak reklame belum memenuhi target. Hal itu tercatat pada  perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2020 sebesar Rp1.410.000.000. Sedangkan capaiannya hingga saat ini masih berkisar Rp1.363.000.000.

Kondisi itu membuat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan geram. Sehingga  meminta penegak perda dan perizinan menertibkan baliho dan reklame yang dinilai tidak membayar pajak. Dua titik lokasi ditertibkan yakni alun-alun Bangkalan dan jalan raya Tangkel. Bahkan baliho terkait kepulangan Habib Rizieq Shihab juga menjadi sasaran pencopotan.

“Kami sudah turunkan reklame atau baliho yang belum membayar pajak, tujuan kami agar pendapatan asli daerah (PAD) meningkat, dan terpenting bisa taat pajak” ungkap Kepala Bapenda Ismet Effendi.

Menurut Ismet, penertiban ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat agar memasang baliho, banner dan reklame di tempat yang disediakan oleh pemerintah. Penurunan baliho ini disebabkan pemasangan tidak bayar pajak dan beberapa tidak berizin. Sehingga, pihaknya menyinkronkan data supaya ditertibkan.

“Titik operasi sendiri yakni sepanjang jalan protokol dan beberapa titik yang dianggap mengganggu pemandangan kota. Ada juga reklame yang sudah habis masa kontraknya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat (Trantibum) Satpol PP Bangkalan Urip Riyanto mengungkapkan, sebanyak 40 petugas gabungan diturunkan untuk penertiban. 20 petugas dari Satpol-PP, 4 petugas dari Kodim, 8 personil dari Polres, Denpom 2 personil, perizinan 2 petugas dan 4 petugas dari Bapenda.

Dia mengatakan, terdapat sekitar 20 baliho ditertibkan karena tak membayar pajak dan juga tak memiliki izin. Sehingga perlu ditertibkan agar pemasang reklame taat membayar pajak.

“Sesuai dengan perintah, kami amankan baliho sampai ada yang mengambil,” tandasnya. (ina/mam)

Baca juga  Testimoni yang Sempurna; Madura United Menang di Markas Persela Lamongan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan