Tidak Berfungsi, DPRD Sumenep Desak Perbaikan PJU

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) PERAWATAN: Keberadaan PJU di sejumlah titik jalan membutuhkan perhatian dan perbaikan dari Dishub Sumenep.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Keberadaan penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik jalan di Kabupaten Sumenep kurang diperhatikan. Hal itu terlihat masih banyak PJU yang tidak diperbaiki. Misalnya, di Kecamatan Pasongsongan, Ambunten dan Gapura.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Keselamatan Kerja Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep Edy Purwanto mengatakan, meski banyak PJU yang rusak di beberapa kecamatan, pihaknya tidak bisa langsung memperbaiki. Menurutnya perbaikan harus dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Bacaan Lainnya

“Saat ini fokus kawasan jalan lingkar utara dan di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan,” katanya, Rabu (16/6/2021).

Dikatakannya, anggaran yang disediakan terbilang sangat minim, yakni hanya Rp3,2 miliar. Sedangkan kebutuhan sangat banyak, termasuk pemeliharaan masih perlu anggaran yang banyak. Paling tidak senilai Rp337.202.250 untuk melakukan perbaikan di setiap kecamatan.

“Kalau anggaran cukup pasti kami perbaiki dan dilakukan pengadaan,” tandasnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Sumenep Akhmad Zainur Rakhman mengatakan, banyak PJU yang tidak berfungsi, bahkan sebagian tidak terlihat tidak dilakukan perawatan. Misalnya di daerah kepulauan dan di sejumlah titik jalan Prenduan Kecamatan Pragaan.

”Anggaran pemeliharaan PJU pasti ada pada dinas terkait, namun selama ini terkesan tidak digunakan,’ tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat banyak PJU yang dibiarkan rusak, termasuk lampunya banyak yang mati. Pihaknya meminta agar dinas terkait lebih serius memperhatikan keberadaan PJU, karena hal itu berhubungan dengan keselamatan pengendara jalan.

“Jika perlu akan diperjuangkan di APBD perubahan nantinya,” pungkasnya. (imd/mam)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *