oleh

Tidak Dikategorikan Layak Bantuan Sosial, Legislatif Janjikan Anggaran Besar untuk Sektor Pertanian.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Fathor Rohman menilai, sektor pertanian di Kabupaten Pamekasan merupakan aset penting, sebab mayoritas masyarakat Pamekasan merupakan petani.

Karena itu, keberadaan petani di Kabupaten Pamekasan merupakan potensi lokal yang harus dikembangkan, terutama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pasca serangan wabah Covid-19.

Dengan digarapnya sektor pertanian secara serius, maka akan tercipta lebih banyak wirausaha baru sebagaimana yang tercantum dalam visi dan misi bupati Pamekasan. Tidak hanya itu, pihaknya mengaku akan menyiapkan amunisi anggaran kepada Dinas Pertanian Pamekasanyang lebih besar dari sebelumnya.

“Kami di DPRD juga akan memberikan pendanaan yang lebih terhadap dinas pertanian. Sehingga mereka akan maksimal pekerjaannya,” ungkapnya.

Hal itu bakal dilakukannya agar pemerintah bisa bekerja lebih maksimal dalam hal pertanian.Karena sektor pertanian merupakan harapan terakhir tatkala terjadi keterpurukan ekonomi.

Selain sektor pertanian, potensi desajuga menjadi sorotannya. Menurutnya, setiap desa memiliki potensi masing-masing.Bila digarap dengan serius, akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat desa setempat.

Dia berharap, para petani mendapat bantuan khusus dari pemerintah agar para petani lebih giat lagi dalam mengelola usaha pertaniannya. Sehingga sektor pertanian semakin berkembang dan tercipta semakin banyak lagi wirausaha baru.

“Alangkah baiknya kalau misalnya pertanian ini juga diberikan semacam bantuan yang cukup untuk pengelolaan pertanian,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, pemulihan di sektor pertanian memilih untuk berupaya mengurangi biaya produksi. Pihaknya saat ini sedang menyusun sejumlah alternatif yang bisa mengaransi biaya produksi.

Di antara yang bisa dilakukan adalah dengan dengan memberikan subsidi pupuk untuk para petani. Sebab untuk memberikan bantuan uang tunai kepada setiap petani, pihaknya merasa tidak mampu, karena mayoritas masyarakat Pamekasan adalah petani.

“Harapannya agar masyarakat dapat bekerja memproduksi sektor pertanian dengan biaya produksi yang ringan namun mendapat hasil yang lumayan,” tukasnya. (ali/waw)

Komentar

News Feed