Tidak Layak Pakai, Pemkab Bangun Ulang 2 Puskesmas

  • Whatsapp

Kabaradura.id/Bangkalan-Setelah melakukan pembangunan di empat puskesmas yang ada di Bangkalan, kini Dinas Kesehatan (Dinkes) akan membangun 2 puskesmas lagi. Dua puskesmas tersebut yakni Puskesmas Modung dan Puskesmas Konang. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Bangkalan Sudibyo, 2 puskesmas ini bakal dibangun ulang.

“Bukan hanya direvatilisasi saja nanti, dibangun ulang. Yang lama akan dibiarkan atau puskesmasnya akan direlokasi ke puskesmas yang lebih bagus,” tuturnya, Selasa (21/1).

Masih menurut Yoyok (sapaan akrabnya) pembangunan gedung baru 2 puskesmas ini dikarenakan bangunan yang lama memang tidak layak huni. Bahkan dirinya menyebut tidak representatif lagi sebagai layanan kesehatan bagi masyarakat. Karena luas bangunan yang sempit dan tidak mungkin dikembangkan.

Mantan Kepala Puskesmas Blega ini menuturkan, untuk anggaran pembangunan 2 puskesmas tersebut akan memakan biaya sebesar Rp16 miliar. Di mana anggaran yang akan dipergunakan, menurut Yoyok berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi.

“Jadi pusat yang menentukan puskesmas mana yang layak direvatilisasi. Bukan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” jelasnya.

Sedangkan untuk konsep pembangunannya sendiri, Yoyok menjelaskan, akan disesuaikan dengan empat puskesmas sebelumnya. Saat ini sendiri, tahapan pembangunan 2 puskesmas tersebut masih tahap lelang. Yoyok menerangkan, masih menunggu waktu yang tepat untuk proses lelangnya.

“Proses lelangnya secepatnya nanti,” tukasnya. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *