Tidak Layani secara Langsung, Pembuatan KTP Dipasrahkan ke Petugas Desa Masing-Masing

  • Whatsapp
(IMAM MAHDI) MELAYANI: Masyarakat diharapkan mengurus KTP melalui petugas redes di Desa.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Di tengah Covid-19, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dipasrahkan kepada desa masing-masing. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menyebarkan Covid-19.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sumenep Sahwan Efendi mengutarakan, pelayanan selama wabah Covid-19 tetap dibuka. Namun, masyarakat tidak bisa mengurus langsung ke Dispendukcapil, harus melalui petugas desa masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Di tengah Covid-19, masyarakat harus melalui petugas redes agar tidak berjumpa langsung dengan petugas di Dispendukcapil Sumenep,” katanya, Minggu (3/5/2020).

Hal tersebut diputuskan dengan beberapa pertimbangan dan dengan mengacu pada aturan pemerintah Kabupaten Sumenep.

Harapannya, semua redes dan kepala desa yang mengupayakan melayani masyarakat dengan baik.

“Bagi penduduk yang belum merekam KTP itu diharuskan segera merekamapapun caranya apakah peralatan di bawah ke desa ataupun datang langsung ke kantor UPT Kecamatan yang penting tidak usah ke kota dulu,” paparnya.

Sahwan melanjutkan, di tengah Covid-19 ada sebanyak 1.000 lebih masyarakat yang melakukan percetakaan KTP, sedangkan blanko KTP saat ini masih kekurangan sebanyak 750 blanko.

“Dispendukcapil terus mengupayakan ketersedian blangko di tengah Covid-19 ini ,” ujarnya.

Sahwan mengharapkan agar para petugas redes hendaknya mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat wajib KTP.

Di samping itu, petugas redes dapat meningkatkan kegiatan pelaporan secara berkala tentang kependudukan, baik pelaporan lahir, mati, datang dan pergi, sehingga tertib administrasi kependudukan dapat tercapai dengan optimal.

“Pelayanan prima sudah dilakukan oleh Pemkab Sumenep. Semoga masyarakat dapat memahami dan mematuhi instruksi dari pemkab,” pungkasnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *