oleh

Tidak Masuk Refocusing, Pembangunan 70 SD dari DAK dan DAU Mulai Dikerjakan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) di Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan tidak masuk prioritas refocusing. Karenanya, anggaran untuk renovasi 70 Sekolah Dasar (SD) di Bangkalan tersebut bakal direalisasikan.

Rinciannya, DAK mendapatkan Rp8,7 miliar untuk merenovasi 48 sekolah. Sedangkan DAU sebanyak 22 sekolah dengan anggaran Rp4,1 miliar. Namun, hingga saat ini untuk pengerjaan pembangunan di 48 sekolah melalui DAK itu masih tahap pengajuan.

“Untuk pembangunan yang anggaran dari DAU sudah proses pengerjaan fisik mulai bulan ini,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) SD Disdik Bangkalan, Moh Toha.

Masih menurut Toha, untuk pembangunan menggunakan DAK, sampai saat ini tahapan-tahapannya yang sudah dilakukan ialah  seperti pemberkasan, MoU dengan kepala sekolah penerima dan persetujuan dari kepala dinas.

“Sekarang tinggal pengajuan pencairan anggaran saja untuk DAK,” terangnya.

Toha memaparkan, rata-rata yang mendapatkan bantuan renovasi DAK ini dari SD semua. Sedangkan, DAU yang sudah mulai pengerjaan fisiknya, Toha menuturkan, bahwa yang diberikan bantuan ada dari Madrasah dan SD.

“Untuk DAK setelah pencairan langsung pengerjaan fisik. Kalau bulan ini tahapan sudah selesai, bulan ini juga langsung dikerjakan,” jelasnya.

Dia menargetkan, untuk pembangunan dari DAK untuk 48 SD ini harus selesai dalam waktu 4 hingga 5 bulan setelah proses pencairan. Dia berharap, dalam pengerjaan fisik kedua dana ini tidak ada kendala apapun.

“Awal bulan depan untuk DAK kami minta mulai dikerjakan fisiknya,”  tukasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed