Tidak Optimal, 74 Kasek di Sampang Masih Dijabat Plt

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) TIDAK OPTIMAL: Puluhan kepala sekolah di Sampang masih dijabat pelaksana tugas (Plt).

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Puluhan kepala sekolah (kasek) di Sampang masih diisi pelaksana tugas (Plt). Hal tersebut berdampak pada tidak optimalnya pengelolaan pendidikan Kota Bahari tersebut.

Anggota Dewan Pendidikan (DP) Sampang, Zainuddin mengungkapkan bahwa mendefinitifkan kasek merupakan salah satu tindakan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lembaga.

Ia juga menambahkan, jabatan Plt puluhan kasek sudah lama berjalan dan dibiarkan oleh pemerintah daerah (pemda). Padahal menurutnya, kondisi pendidikan di Sampang berada di bawah rata-rata. Pemerintah terkesan meremehkan persoalan tersebut sehingga membiarkan bertahun-tahun dijabat Plt.

“Seharusnya, jika pemerintah serius ingin meningkatkan mutu pendidikan atau SDM  yang masih di bawah rata-rata, harus segera mendefinitifkan kepsek itu, karena ini sangat berdampak,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disdik Sampang Nor Alam melalui Kasi Promosi Mutasi Badrud Tamam menyampaikan, sekolah dasar (SD) yang masih dijabat Plt kasek berjumlah 74 sekolah. Dari jumlah tersebut terdapat satu lembaga SMP yang diisi Plt.

Ia menyampaikan, 74 kasek yang tidak kunjung didefinitifkan tersebut lantaran pada tahun 2020 terhambat  wabah Covid-19. Namun menurutnya, pada tahun ini, tepatnya November, akan didefinitifkan.

“Kalau tidak ada perubahan, November ini, 74 kasek akan didefinitifkan. Sebab benar, kalau Plt tidak maksimal, karena harus membagi waktunya dengan lembaga lain,” katanya.

Kendati demikian, sebelum didefinitifkan, 74 kasek itu harus mengikuti diklat. Karena diklat merupakan kewajiban bagi para calon kasek, berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018, yang berbunyi bahwa, calon kepala sekolah didiklat sebelum menjabat.

“Bagi semua calon kasek, harus ikut diklat, dan wajib memiliki sertifikatnya,” pungkasnya. (mal/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *