Tidak Pernah Dapat Apresiasi Pemkab, Ini Kata Pembina PSG SMA 3 Annuqayah

  • Whatsapp
(KM/ Razin) SAMPAH: Sampah di perkotaan dilayani dengan diangkut dengan viar

Kabarmadura.id/Sumenep-Pembina  Komunitas Pemulung Sampah Gaul (PSG) SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Mus’idah mengatakan,selama ini tidak ada bantuan atau apresiasi apapun terhadap komunitas binaannya. Komunitas tersebut hanya mendapat bantuan berupa mesin penjahit dari Kementrian Desa (Kemendes).

Komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 2008 tersebut dikenal sangat aktif dalam melakukan pengelolaan sampah. Mereka mengubah sampah plastik menjadi produk-produk bernilai jual serta memelopori sekolah tanpa sampah plastik.

“Ya selama ini tidak ada (apresiasi, red) sih kalau dari pemerintah daerah sendiri. Meskipun itu sangat ternilai bagi kami. Coba bayangkan saja, anak seusia SMP-SMA sudah berani kotor-kotoran untuk membangun perilaku sadar sampah,” papar Mus’idah.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Mus itu menambahkan, pihaknya memang tidak terlalu berharap lebih, apalagi berharap mendapatkan bantuan berupa barang dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep. Menurutnya, andaikan pemkab memberikan penghargaan meski hanya sekadar sertifikat tentu akan menebalkan semangat anak didiknya untuk terus aktif dalam pengelolaan dan daur ulang sampah.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Limbah, serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Agus Salam menyampaikan, pihaknya belum mendeteksi keberadaan komunitas pejuang lingkungan. Sehingga sampai saat ini masih belum tercover apa saja kreativitas yang diproduksi oleh lembaga atau komunitas tersebut.

Sementara untuk PSG SMA 3 Annuqayah sendiri pihaknya juga pernah mendengar kiprah komunitas tersebut. Keterbatasan anggaran menjadi salah satu alasan belum adanya apresiasi khusus ke lembaga tersebut.

“Ya, memang di Annuqayah itu ada, tetapi sementara masih belum ada bantuan ke sana,” paparnya. (ara/pai)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *