oleh

Tidak Semua Warga di Sumenep Menerima Bansos

KABARMADURA.ID, Sumenep – Bantuan Covid-19 melalui Dinas Sosial (Dinsos) di Kabupaten Sumenep belum merata. Masih banyak masyarakat belum terdata sebagai penerima bantuan tersebut. Pasalanya, data yang terkumpul berdasar penjaringan dari berbagai tim. Hal ini diungkapkan, Kepala Dinsos Sumenep Moh Iksan, Selasa (29/09/2020).

Menurutnya, dalam proses penjaringan merupakan hasil koordinasi  dengan kepolisian, aparatur desa, dan beberapa pihak lain. “Tidak semua masyarakat Sumenep, tapi yang terdata di tim kami saja, meski di masa mewabahnya Covid-19 masyarakat terdampak semua, tapi kan ada dari sumber lain,” ujarnya.

Iksan mengaku, hingga saat ini total jumlah masyarakat penerima bansos baik berupa sembako dan uang belum terealisasi. Menurutnya, sebanyak 25.812 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan kategori jaringan pengaman sosial (JPS). Bahkan saat ini mulai disalurkan. Sedangkan bansos paket sembako sebanyak 700 paket.

“Paket sembako sendiri dari 25 kg beras, mie instan 1 kardus, minyak 2 liter, dan telur 2 kg. Kalau se Sumenep yang melalui kami itu sudah tersalurkan, untuk yang 700 paket sudah terealisasi sekitar empat ratusan lebih. Sekarang masih terus berjalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Taufiq salah satu warga di Sumenep mengaku, ada salah satu keluarga yang sama sekali tidak tersentuh bantuan. “Ada tetangga saya belum tersentuh bantuan, baik dari pemerintah kabupaten maupun pusat,” keluhnya. (ara/ito)

Komentar

News Feed