Tidak Setor Absen, Disdik Bangkalan Tahan Pencairan Dana Sertifikasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SALMAN ALFARISI) MENJELASKAN: Kabid Tendik berharap agar semua guru segera melakukan absen, agar tidak ditunda di tahap selanjutnya.

KABARMADURA.ID, Bangkalan –Kepatuhan guru sertifikasi untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya terbilang masih rendah. Hal itu terbukti dari 3.080 guru yang telah terdaftar sebagai penerima sertifikasi guru sebagian masih belum menyetorkan absen. Kondisi itu akan memperlambat proses pencairan dana sertifikasi.

Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Pendidik (Tendik) Dinas Pendidikan Bangkalan Bakrun mengatakan, saat ini telah melakukan pendataan ulang bagi guru yang belum melakukan absen. Pendataan itu sebagai upaya untuk melengkapi persyaratan dalam pencairan dana sertifikasi.

Bacaan Lainnya

“Tadi sudah dilakukan pendataan ulang dan sudah 80 persen,” ujarnya, Senin (19/10/2020).

Dikatakannya, ketika absennya sudah mencapai 80 persen, maka dari keuangan nanti akan segera melakukan pengusulan pencairan. Kendati sudah diusulkan namun pencairan tetap menunggu surat keputusan penerima tunjangan profesi (SKTP).

“Pengusulan pencairan itu sesuai dengan instruksi kepala dinas. Meskipun sudah kita usulkan dari sini kalau SKTP nya belum keluar belum bisa dicairkan juga,” terangnya.

Bakrun menambahkan, meskipun masih ada beberapa kecamatan yang belum mengumpulkan absen dari bulan Juli sampai bulan September. Pihaknya akan melakukan pencairan bagi yang sudah mengumpulkan absen.

“Ketika tidak mengumpulkan, nanti akan ditinggal dan nanti diikutkan pada tahap berikutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik M Zainul Qomar mengatakan, untuk penanggung jawab semua absen yakni dari masing-masing guru adalah kepala sekolah. Diakuinya jika pihaknya hanya sebatas melakukan pendataan sesuai usulan dari  masing-masing sekolah.

“Karena kami hanya melakukan pendataan berkas-berkas. Ketika sudah 80 persen baru akan dilakukan pengusulan pencairan,” tandasnya. (km56/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *