Tiga Bencana Mengintai Sejumlah Wilayah di Sampang

(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Musim pancaroba yang terjadi di Sampang, memicu timbulnya cuaca ekstrem hingga hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Kondisi tersebut, berpotensi menimbulkan tiga bencana alam. Masing-masing, bajir, tanah longsor dan angin puting beliung. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Asroni, Minggu (7/11/2021).

Menurutnya, munculnya cuaca ekstrem akibat perubahan dari El nino ke La nina. Sehingga perlu dilakukan pemetaan wilayah berdasarkan potensi rawan bencana alam. Khusus bencana longsor, rawan terjadi di Kecamatan Robatal, Kedungdung, Tambelangan dan Karang Penang. Sedangkan banjir, rawan terjadi di Kecamatan Torjun, Jrengik dan wilayah kota.

Selanjutnya, bencana angin puting beliung berpotensi terjadi di Kecamatan Sreseh, Camplong, Omben, Karang Penang, Torjun dan Kecamatan Jrengik. Dengan adanya pemetaan potensi itu, diharapkan masyarakat bisa mewaspadai adanya potensi bencana yang mengintai di setiap kecamatan di daerah yang identik dengan slogan Kota Bahari.

Bacaan Lainnya

Bahkan masyarakat bisa mengakses prakiraan cuaca yang telah diupdate secara berkala oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Sudah kami petakan, makanya kami himbau agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaannya menghadapi musim pancaroba ini. Kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih hati-hati dan siap siaga saat hujan dengan intensitas tinggi mulai muncul,” sarannya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.