oleh

Tiga Bulan Ngendap, Komisi IV Desak Segera Realisasi Japes

Kabarmadura.id/Sumenep-Komisi lV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep mendesak agar program Jaring Pengaman Sosial (Japes) melalui Dinas Sosial (Dinsos) segera direalisasikan.

Apalagi, wabah Covid-19 sudah berlangsung kurang lebih tiga bulan di Sumenep, tetapi bantuan yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumenep itu masih belum juga dinikmati oleh masyarakat.

Sekretaris Komisi lV DPRD Sumenep Abdul Hasan menyampaikan, kendala-kendala yang menjadi sebab lambatnya bantuan tersebut segera diselesaikan. Apalagi dalam proses penjaringan calon penerima manfaat banyak yang dilibatkan.

“Ini sudah bulan ke berapa, makanya salah satu yang timbul tanda tanya besar masyarakat, terutama yang melakukan audiensi adalah meminta bantuan japes itu disegerakan,” katanya, kemarin.

Menanggapi persoalan itu, Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Moh. Zaini menerangkan, dalam proses pencarian japes ini memang cukup menguras tenaga dan pikiran. Karena masih banyak data penerima yang ganda dengan bantuan lainnya 

Dia khawatir jika dicicil maka akan muncul persoalan baru yaitu amburadulnya antara yang sudah menerima dan yang masih belum menerima bantuan Covid-19 yang bersumber dari anggaran kabupaten tersebut.

“Yang japes masih belum direalisasikan. Belum tahu kapan, masih menunggu data takut ada pengajuan baru. Sementara ini data yang masuk banyak yang dobel dengan bantuan sosial lainnya,” paparnya.

Sehingga bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan itu masih mengendap. Dan pihaknya lagi-lagi belum bisa memastikan pencarian akan dilakukan. (ara/pai)

Komentar

News Feed