Tiga Bulan TPP Tidak Cair, Pegawai Pemkab Bangkalan Bingung

(KM/FATHURROHMAN) BINGUNG: Pegawai di salah satu instansi di lingkungan Pemkab Bangkalan

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mengaku kebingungan, lantaran tunjangan pokok pegawai (TPP) tidak ada pencairan. Tunjangan yang biasa cair di awal bulan itu, selama tahun 2022 ini belum cair sama sekali.

Salah satu pegawai yang enggan disebutkan namanya mengaku, TPP menjadi salah satu harapan untuk biaya kehidupan keluarganya. Namun tahun ini, ia harus tiga bulan gigit jari. Pencairan TPP mengalami keterlambatan hingga berbulan-bulan.

“Kita sangat bergantung pada TPP, untuk bayar cicilan dan kebutuhan sehari-hari keluarga tidak cukup jika hanya mengandalkan gaji pokok. Sekarang kebingungan, dari Januari hingga Maret ini tidak cair,” ungkapnya, Rabu (9/3/2022).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Keuangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan Waki membenarkan bahwa sudah tiga bulan TPP tidak cair. Sebab, untuk pencairannya membutuhkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI).

“Benar mas memang belum cair, masih menunggu persetujuan dari kemendagri,” singkatnya.

Menurutnya, keterlambatan pencairan TPP ini tidak hanya terjadi di Bangkalan saja, melainkan di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Sejak tahun 2021 lalu, prosedur pencairan TPP harus melalui rekomendasi dari Kemendagri RI per semester.

“Sebelumnya kan per tahun, sekarang sudah per semester. Memang kali ini menjadi keterlambatan paling lama. Biasanya meski di awal tahun keterlambatannya itu tidak sampai tiga bulan, tapi sekarang sudah tiga bulan. Semoga saja segera cair, semua pegawai sangat berharap dari itu,” pungkasnya.

Reporter: KM63

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.