oleh

Tiga Calon Sekda Sampang Tunggu Hasil Penilaian

Kabarmadura.id/Sampang-Setelah mengikuti berbagai tahapan proses seleksi terbuka jabatan tinggi pratama (JPT), tiga peserta calon Sekertaris Daerah (Sekda) Sampang, tinggal menunggu hasil penilaiaan dari panitia seleksi (Pansel), semua calon dinyatakan memenuhi syarat.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Arif Lukman Hidayat. Kata dia, tim pansel baru saja selesai mengadakan tes wawancara dan makalah melalui teleconference, setelah sebelumnya para calon Sekda itu dinyatakan memenuhi syarat administrasi, uji kompetensi dan bidang.

Diungkapkannya, setiap tahapan seleksi yang diikuti oleh para peserta calon Sekda ada nilainya tersendiri yang nantinya akan diakumulasikan, yakni nilai administrasi, uji kompetensi, kompetensi bidang, makalah dan wawancara. Jadi sekarang ini tahapannya tinggal menunggu hasil nilai dari semua tahapan tersebut.

“Tinggal nunggu nilai dari masing-masing pansel untuk direkap dan nanti akan segera dirapatkan untuk menentukan urutan perolehan nilai dari semua tahapan ini, setelah itu hasil nilai dari tiga peserta ini dilaporkan kepada bupati,” ucapnya, Selasa (21/7/2020).

Pria yang akrab disapa Yoyok itu menegaskan, setelah bupati menerima laporan dari Pansel, nantinya bupati yang melaporkan hasilnya ke Gubenur Jawa Timur (Jatim) dan mengirim surat ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi untuk memilih satu diantara tiga peserta itu.

“Urutan satu dalam perolehan skor nilai seleksi ini tidak menjamin bisa dipilih menjadi sekda, karena sudah kewenangan bupati sesuai rekomendasi dari KASN,” ujarnya.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menerangkan, kriteria yang dinilai ideal untuk menduduki jabatan Sekda Sampang itu, yakni harus memiliki kredibilitas yang tinggi, kemampuan disiplin keilmuan yang mumpuni, manajerial kepemimpinan yang bagus dan loyalitas dan totalitas mengabdi.

“Prinsipnya siapa saja boleh mengikuti seleksi terbuka JPT ini, dengan catatan memenuhi syarat dan ketentuan. Kami harap sekda yang terpilih nanti ini memiliki kriteria ideal ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, tiga calon Sekda Sampang, yakni Yuliadi Setiawan yang saat ini menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sekaligus Pj Sekda Sampang. Kemudian Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Sampang Mohammad Zis. Terakhir,  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Sampang Sudarmanto. (sub/pin)

Komentar

News Feed