Tiga Pemain Akademi Madura United Berpotensi Masuk Line-Up Lawan Persib

  • Whatsapp
Akibat banyak pemain senior yang absen, jadi peluang bagi tiga pemain muda Madura United untuk ikut hadapi Persib Banding, yaitu Moch Kevy, Dhimas Bagus Pangestu dan Yulianto.

Kabarmadura.id-Menghadapi laga besar di pekan ke-22 Liga 1 2019, Madura United dipastikan tampil pincang. Laga yang disebut big match itu, Madura United menjamu tim besar, Persib Bandung, di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Sabtu (5/10/2019) malam.

Kondisi itu, akibat empat pemain harus merapat ke pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia lebih cepat. Mereka adalah Andik Vermansyah, Zulfiandi, dan M. Ridho Djazulie, serta Syahrian Abimanyu untuk Timnas Indonesia U23.

Beruntung, Alberto Goncalves baru bergabung dengan Tim Garuda tersebut pasca lawan Persib Bandung. Sebab, sesuai regulasi, jika lebih dari empat pemain yang memperkuat timnas, satu di antaranya bisa dipinjam klub asalnya.

Selain itu, dua bek andalan tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini, Ante Bakmaz dan Andik Rendika Rama, harus jalani hukuman akumulasi kartu kuning pertama.

Dengan demikian, Pelatih Madura United Rasiman hanya memiliki 22 pemain tersisa. Bahkan, salah satnya tengah pemulihan cedera, yaitu Fandri Imbiri. Sedangkan, empat di antaranya, adalah pemain yang baru promosi dari Madura United Football Academy (MUFA).

Kondisi itu, juga jadi peluang sangat besar bagi tiga pemain muda Madura United, yaitu Moch Kevy, Dhimas Bagus Pangestu dan Yulianto. Sementara pemain muda di posisi penjaga gawang, masih harus bersaing dengan Satria Tama dan M Ridwan.

Melirik peluang itu, Dhimas yang berposisi sebagai gelandang menganggap, hal itu menjadi kesempatan emas. Sebab, dia belum pernah merasakan masuk line-up di Liga 1 bersama tim senior. Selama ini, dia sebatas menjadi andalan di Liga 1 kelompok usia 20 tahun.

“Iya kalau seperti itu, kabar baik ya. Tapi hanya ada satu slot, semoga saja saya yang masuk itu, amiin,” ungkapnya.

Begitu juga dengan Yanto (sapaan akrabYulianto), yang berharap namanya akan menghiasi daftar susunan pemain di laga big match melawan Persib Bandung itu. Dia berjanji akan lebih giat kembali di detik-detik penentuan ini.

“Harus lebih semangat dan terus tunjukkan di latihan, apalagi, posisi bek minim ya kurang lah, Bang Rama dan Bakmaz akumulasi,” harapnya.

Senada dengan Yanto dan Dhimas, Kevy yang bermodalkan predikat top skor Madura United U20 itu, menyimpan mimpi yang serupa. Bahan, dia mengaku tidak berfikir akan mendapatkan kesempatan bermain, namun masuk line-up sudah menaikkan motivasinya.

“Itu jadi motivasi bagi kami, ya. Siapapun nanti yang masuk akan terangkat motivasinya. Saya juga kalau ditanya ingin dan siap, meski tidak dapat menit bermain,” pungkasnya.

Mencari Pengganti Ridho

Sementara itu, soal posisi kiper Madura United yang ditinggalkan M Ridho Djazulie untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia, masih jadi pertaimbangan Pelatih kiper Madura United Kurnia Sandy.

Terlebih, Madura United masih memiliki tiga kiper lain, seperti Satria Tama, Muhammad Ridwan dan putra daerah asal Kabupaten Bangkalan, Fawaid Ansory. Namun, peluang Fawaid sangat kecil, mengingat harus melewati Satria dan Ridwan yang lebih senior.

Menurut Kurnia absennya Ridho tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan. Sebab, dia percaya, anak asuhnya masih bisa tampil dengan kualitas terbaik.

“Dibilang kami akan lemah pertahananya karena Ridho tidak ada itu salah, kiper-kiper Madura United memilik kualitas, saya yakin siapapun yang main, akan bisa bantu Madura nanti, tapi jika ditanya kehilangan, benar, soalnya dia tampil bagus selama ini,” ujarnya.

Sejauh ini, Satria Tama baru tampil tiga kali. Namun, dia juga mampu menunjukkan kelasnya. Yakni dua kali clean sheet saat tampil full time melawan Arema FC dan PSIS Semarang. Dia hanya kebobolan sekali, saat menggantikan Ridho lawan Bali United FC.

Selain itu, Satria Tama juga sedang dalam motivasi tinggi. Pemilik nomor punggung 88 di Madura United itu mengaku siap jika dibutuhkan untuk membantu tim. Dia berjanji akan memberikan penampilan terbaiknya seperti saat dua kali clean sheet.

“Siap, saya akan berikan yang terbaik lagi. Saya ingin clean sheet lagi ya,” ucapnya.

Sedangkan, Ridwan yang juga sudah dua kali tampil full time melawan tim besar, yakni Tira Persikabo dan Persipura Jayapura, juga telah clean sheet sekali saat menghadapi PSM Makassar.

“Saya siap-siap saja, jika memang masuk strategi pelatih, saya akan berikan yang terbaik,” janjinya. (idy/waw)

 

Statistik Perbandingan

Satria Tama

3 Main (207’)

-> 2 Starter

-> 1 Pengganti

2 kali Clean Sheet

1 kali Kebobolan

Ridwan

3 Main (194’)

-> 2 Starter

-> 1 Pengganti

1 kali Clean Sheet

3 kali Kebobolan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *