oleh

Tiga Tahun KNPI Vakum, Pembinaan OKP di Sampang Terbengkalai

Kabarmadura.id/Sampang-Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sampang, sudah tiga tahun mengalami kevakuman. Padahal, organisasi tersebut mempunyai tanggung jawab dalam membina organisasi kepemudaan (OKP) di wilayah setempat.

Kasi Kepemudaan Dinas Pemuda, Olaharaga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Mery mengatakan, sejak dirinya menjabat sebagai kasi kepemudaan pada 2017 lalu, KNPI Sampang sudah vakum.

Adapun dampak dari vakumnya KNPI lanjut dia, sangat berpengaruh untuk pembinaan pemuda di Kabupaten Sampang. Sebab KNPI merupakan induk dari semua OKP yang ada di Sampang.

“Semenjak saya jadi kasi kepemudaan tahun 2017 SK KNPI ini selesai masa berlakunya,. Jika KNPI ini vakum, pembinana terhadap OKP tidak maksimal,” ungkapnya, Minggu (2/8/2020).

Sejak KNPI Sampang vakum, pembinaan terhadap OKP dilakukan oleh Disporabudpar. Akibatnya, pembinaan terhadap OKP tidak maksimal. Karena, ketika KNPI aktif pembinaan terhadap OKP lebih terkoordinir dan lebih ringan.

Dirinya mengungkapkan, jumlah OKP di Sampang sebanyak 26. Cuma, yang terlihat aktif hanya ada 7. Hal itu diakuinya akibat vakumnya KNPI, sehingga dalam setiap tahun dalam pengajuan AD/ART OKP di Sampang tidak bisa dikoordinir.

“Kalau KNPI aktif, jadi kami ada mitra kerja, sejauh ini pembinaan dilakukan oleh Disporabudpar,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Jaringan Kawal Jawa Timur (Jaka Jatim) Korda Sampang Sidik sangat menyayangkan vakumnya KNPI. Padahal menurutnya, adanya KNPI untuk melakukan pembinaan dan penataan terhadap OKP di Kabupaten Sampang.

“Sangat disayangkan jika tetap dibiarkan (vakum, red) seperti ini,” sesalnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Mahasiswa Sampang (Formasa) Arifin mengatakan, keberadaan KNPI ini sangat berpengaruh terhadap pembinaan OKP di Kabupaten Sampang. Selain memberikan pembinaan, KNPI juga menjadi wadah koordinasi OKP.

“Saya berharap KNPI segera aktif, tapi jangan sampai disalahgunakan, agar hubungan antar OKP nantinya bisa solid,” singkatnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed