Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, AQ: Berikutnya Benahi Kompetisi!


Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, AQ: Berikutnya Benahi Kompetisi!
(KM/ALIFFAIQ RADITO) PEKERJAAN RUMAH: AQ meminta PSSI untuk membenahi persoalan kompetisi domestik Indonesia.

KABARMADURA.ID | Presiden Madura United Prof Dr Achsanul Qosasi memandang pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah berhasil. putra Daramista, Lenteng, Sumenep, itu menilai dari prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Diketahui, Timnas Indonesia senior dan U20 mampu lolos ke Piala Asia 2023. Capaian tersebut merupakan penantian panjang dari Tim Garuda. Karena, telah belasan tahun tidak bisa mentas di ajang bergengsi tersebut.

Selain itu, Timnas Indonesia baru memberikan kejutan dengan mengalahkan Timnas Curacao dua kali saat jalani FIFA Matchday. Padahal, lawan tandingnya beda peringkat sangat jauh, ialah berada di posisi 85. Sedangkan, Timnas Indonesia masih di posisi 155. Tapi, berkat kemenangan itu akan mendulang banyak poin.

Menurut pria yang biasa disapa AQ itu, prestasi Timnas Indonesia tidak terlepas dari pilihan tepat PSSI yang menunjuk Shin Tae-yong (STY) sebagai pelatih. Serta, federasi memenuhi kebutuhan arsitek asal Korea Selatan itu dalam membangun tim.

"Salah satu tolok ukur keberhasilan pengurus PSSI itu adalah prestasi Timnas Indonesia. Faktanya Timnas kita sedang bagus. Kami apresiasi keputusan PSSI memilih STY dan memberikan kepercayaan penuh dengan menyiapkan semua keinginan STY," terang AQ.

Selain memberikan apresiasi, AQ juga menerangkan, pekerjaan rumah (PR) PSSI masih banyak. Dia menyebutkan, salah satunya pembenahan kompetisi domestik Indonesia, baik Liga 1, 2, dan 3.

"Berikutnya adalah pembenahan kompetisi. Ini wajib menjadi perhatian PSSI," tambahnya.

Sejauh ini, yang sering disoroti di kompetisi domestik ialah persoalan wasit. Tak ayal, masih banyak tim yang melayangkan aduan terhadap federasi terkait kinerja pengadil lapangan hijau itu, termasuk Madura United.

Reporter: Syahid Mujtahidy

Redaktur: Mohammad Khairul Umam