Tingkatkan Daya Saing, Pemkab Pamekasan Selaraskan Investor dengan UMKM

  • Whatsapp
(FOTO:  KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) INOVATIF: Pemkab Pamekasan komitmen terus mendampingi UMKM untuk bisa memudahkan akses permodalannya. 

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan terus mendorong peningkatan produktivitas usaha mikro kecil menengah (UMKM), utamanya dalam mengintervensi permodalan yang bersumber dari penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Pasalnya, sudah disepakati tentang kerja sama kemitraan yang bersumber dari PMA/PMDN dalam meningkatkan daya saing pelaku UMKM. Kesepakatan itu ditandai dalam kegiatan penandatanganan PMA/PMDN yang dilaksanakan secara virtual dengan pemerintah pusat  dan seluruh pemerintahan kabupaten/kota se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan itu, Pemkab Pamekasan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Pamekasan Supriyanto dan perwakilan dari DInas Koperasi (Diskop) dan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) Pamekasan Abdul Fata.

Menurut Sekda Pamekasan Totok Hartono, secara teknis, kesepakatan itu akan ditindaklanjuti oleh organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait. Tujuannya, untuk memastikan peningkatan daya saing pertumbuhan ekonomi dari pegiat UMKM. Dengan begitu, bisa terus menyejahterakan UMKM dengan berbagai produk yang dihasilkan.

“Harapannya harus serius dan ulet serta penuh kesabaran, dan yang paling utama berinovasi, karena ini persaingan ketat. Kemitraan dengan pengusaha kami lakukan, permodalan kami bantu, izin dipermudah, tetapi mereka harus punya kemauan yang kuat untuk memajukan UMKM,” paparnya, Senin (18/1/2021).

Dengan memudahkan akses permodalan dan kemitraan, bisa menstimulasi para pelaku UMKM untuk produktif dan mampu bertengger di marketplace, sehingga bisa dipantau dan dibeli masyarakat internasional.

“Dengan pola kemitraan ini akan terurai, tapi sinergitas antar UMKM dan mitranya itu harus ditingkatkan, pemkab akan memfasilitasi,” ulasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSP Pamekasan Supriyanto memastikan telah berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses kepada para investor untuk berinvestasi di Pamekasan, utamanya dengan pola kemitraan dengan para pelaku UMKM, agar bisa digunakan oleh para pelaku usaha.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas koperasi yang punya UMKM, dan para perusahaan agar bisa memanfaatkan produk UMKM,” tukasnya. (rul/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *