oleh

Tingkatkan IPM, Solusi Utama Kualitas Para Guru

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Peningkatan angka indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Sampang bergantung pada kualitas guru-gurunya. Dengan begitu, setiap guru perlu mengikuti pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, Nor Alam menyampaikan, keikutsertaan guru pada pelatihan PKB bertujuan agar lebih berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Seperti pembuatan video dan game pembelajaran untuk taman kanak-kanak.

Sehingga, dikatakannya dengan adanya inovasi tersebut peserta didik tidak merasa bosan untuk belajar, karena metode pembelajarannya sesuai dengan kapasitas peserta didik tingkat PAUD dan TK.

“Dalam memberikan pembelajaran itu memang harus berinovasi, agar siswa itu tidak bosan, dan itu memang harus disesuaikan,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Selain itu, ia menyampaikan, kualitas guru itu salah satu indikator untuk peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di kabupaten yang berjuluk Kota Bahari ini. Terlebih untuk IPM di Sampang ini masih rendah.

“Guru ini adalah tonggak pendidikan untuk peningkatkan IPM, jadi memang harus punya inovasi,” imbuhnya.

Kendati demikian, Nor Alam berharap guru yang sudah mengikuti pelatihan PKB tersebut mampu menerapkan ilmu yang didapat. Sehingga IPM di Sampang ke depan ada peningkatan.

Pada dasarnya untuk meningkatkan kualitas peserta didik itu memang harus ada kemauan dari diri masing-masing tanpa adanya tuntutan dari orang lain.

“Semoga guru-guru yang sudah ikut PKB kemarin dapat merealisasikan ilmu yang di dapat. Untuk pelaksanaan PKB ini sebenarnya akan kita maksimalkan, cuma kondisi masih Covid-19,” pungkasnya. (mal/maf)

 

Komentar

News Feed