Tingkatkan Keamanan, Bupati Sumenep Resmikan Gedung Wisata Arsip

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBAIDI) DiRESMIKAN: Gedung arsip diharapkan menjadi layanan satu pintu, hal itu diharapkan untuk mempermudah akses serta menyelamatkan aset daerah.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Dalam rangka menyelamatkan arsip daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep meresmikan Gedung Wisata Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sumenep. Selasa, (16/2/2021).

Bupati Sumenep A Busyro Karim menyampaikan, betapa pentingnya untuk memelihara sejarah terutama dokumentasi arsip-arsip di Kota Keris. Termasuk arsip atau berkas hasil kinerja instansi-instansi pemerintahan.

Bacaan Lainnya

Meski pada dasarnya, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mempunyai ruang atau gedung tersendiri untuk penyimpanan arsip, hal itu masih kurang efektif. Sebab tidak bisa diakses secara satu pintu untuk mengakses data secara integratif.

“Kenapa penting adanya arsip, kita ini tidak akan kenal sejarah, misalnya Alquran itu juga arsip yang dilestarikan, kenapa di Sumenep tidak, ini merupakan salah satu ide cemerlang untuk pengamanan arsip,” katanya,

Setelah gedung itu diresmikan, maka bupati yang masa jabatan berakhir hari ini itu berharap jika arsip-arsip yang sudah menumpuk di masing-masing OPD maka segera dikumpulkan.

Selanjutnya, agar lebih aman, maka tetap diharapkan ada inovasi, misalnya ada elektronik filing, sehingga dipastikan semua arsip bisa terpelihara dan diakses oleh siapapun, terkhusus masyarakat Sumenep.

“Misal gedungnya roboh, atau bahkan terbakar, maka dengan disimpan dalam bentuk file tetap aman,” imbuhnya.

Kepala DPK Sumenep Ahmad Masuni berharap, agar seluruh OPD dapat segera mengumpulkan arsip-arsip ke tempat yang telah disediakan, selain untuk keterbukaan informasi, juga diharapkan  masyarakat bisa mengakses satu pintu.

“Jika tidak ditaruh di sini, maka termasuk lalai. Itu pidana nantinya. Maka dengan penuh kesadaran saya berharap partisipasi positifnya,” paparnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *