Tingkatkan Kinerja, Dinsos Pamekasan Kumpulkan 156 SDM PKH

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) EVALUASI KINERJA: Dinsos Pamekasan menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi PKH dan Program Perlindungan Lansia di Pendopo Budaya, Pamekasan, Rabu (27/10/2021).

KABARMADURA.ID | PAMEKASANDinas Sosial (Dinsos) Pamekasan menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi program keluarga harapan (PKH) serta program perlindungan lanjut usia (lansia), Rabu (27/10/2021). Rapat yang diikuti oleh 156 sumber daya manusia (SDM) PKH digelar di Pendopo Budaya Jalan, Jokotole, Pamekasan.

Kepala Dinsos Pamekasan Mohammad Tarsun mengatakan, rapat koordinasi dengan formasi lengkap seluruh SDM PKH lama tidak tergelar. Rapat tersebut guna mengevaluasi dan meningkatkan kinerja SDM PKH. Sebab menurutnya, para SDM PKH tidak cukup hanya berada di samping keluarga penerima manfaat (KPM).

Bacaan Lainnya

“Mereka ini sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Ini bukan tugas ringan. Bukan sekedar memvalidasi data dan membuat laporan,” tegasnya.

Tarsun menambahkan, dengan kompleksnya permasalahan di tengah masyarakat menjadikan SDM PKH harus meningkatkan intensitas kinerja. Mulai dari meng-update data, memvalidasi dan mengajukan data baru. Tidak hanya dalam menangani KPM PKH, mereka juga memiliki tugas tambahan dalam mendampingi lansia pada program Simpati Lansia.

“Karena hanya SDM PKH yang paling merata. Di masing-masing desa ada. Kami sangat terbantu dengan adanya SDM PKH,” tambah Tarsun.

Jumlah KPM Simpati Lansia sampai saat ini 400 orang. Namun tergraduasi sebanyak 26 orang. Pada tahun 2022 pihaknya berencana menambah KPM menjadi 450 orang.

Anggaran yang direncanakan untuk program Simpati Lansia pada tahun 2022 sebesar Rp6 miliar. Program ini terus dievaluasi. Kualitas gizi dalam menu makanan juga akan ditingkatkan.

“Jumlah lansia yang memenuhi syarat 665 orang, tapi hanya terbantu 400. Kami terus meng-update data. Yang terendah dari 665 itu akan diprioritaskan hingga sampai pada pagu kabupaten,” pungkas Tarsun.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Pamekasan Herman Hidayat Santoso mengatakan, rapat koordinasi dengan formasi lengkap ini akan dilaksanakan rutin setiap tiga bulan sekali. Setiap bulan akan dilakukan rapat koordinasi di tingkat kecamatan. Dengan itu diharapkan dapat meningkatkan kinerja.

“Karena ada regulasi baru yang perlu kami sampaikan kepada mereka. Sehingga mereka bisa mendampingi penuh terhadap KPM,” ujarnya.

Selain itu, dalam menjamin kebutuhan dasar lansia, SDM PKH dikerahkan untuk mendampingi para lansia. Para SDM PKH diharapkan dapat berkolaborasi dalam mendukung realisasi program prioritas bupati Pamekasan. Salah satunya yaitu program perlindungan terhadap lansia.

“Karena pilar-pilar sosial di dinsos itu banyak, salah satunya SDM PKH. Sementara program prioritas pemkab bagaimana SDM PKH ini hadir kepada lansia yang betul-betul tidak berdaya,” ucapnya.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *