Tingkatkan Konsumsi Ikan, Diskan Sumenep Sosialisasikan Gemarikan

  • Whatsapp
(FOTO: DISKAN FOR KM) BERKEMBANG: Program Gemarikan di Dinas Perikanan (Diskan) Sumenep untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, serta sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Pelaksanaan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Dinas Perikanan (Diskan) Sumenep berjalan sukses. Kegiatan yang bertemakan “Cegah Stunting melalui Gemarikan” dihadiri langsung oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumenep, di Pendopo Kecamatan Manding, Senin (15/11/2021).

Plt Kepala Diskan Sumenep Mohammad Jakfar melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil Ibnu Hajar mengatakan, kegiatan gemarikan untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat, utamanya anak-anak sejak usia dini gemar makan. Harapannya di Sumenep konsumsi ikan semakin meningkat. “Tujuan kami agar anak-anak usia dini sehat, cerdas dan berprestasi,” katanya, Senin (15/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, pada kegiatan sosialisasi gemarikan itu juga diisi dengan pembagian bingkisan olahan ikan yang terdiri dari ikan bandeng presto, ikan krispi, ikan nugget, ikan teri, krispi abon tuna, bakso ikan, tempura ikan dan susu kotak untuk 147 anak-anak stunting se-Kecamatan Manding.

“Kami harap kegiatan Gemarikan menjadi agenda tahunan,” tukas dia.

Sementara itu, Ketua Forikan Nia Kurnia Fauzi mengatakan, Gemarikan adalah program nasional untuk memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang baik bagi kesehatan. Tujuannya membentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat.

”Memberikan sosialisasi kepada masyarakat utamanya anak-anak agar sejak usia dini gemar makan dan konsumsi ikan,” ucap istri Bupati Sumenep itu.

Menurut wanita yang akrab disapa Kurnia itu, ada beberapa manfaat makan ikan. Ikan merupakan hewan air yang memiliki gizi, mineral, nutrisi dan vitamin. Sehingga, dipercaya memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung bagi yang gemar mengkonsumsinya.

“Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin,” paparnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *