Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Bupati Resmikan Dua Koperasi Syariah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) SEMANGAT; Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menandatangani prasasti KSP Tabarok Shohibul Qorib dan KSU Syariah Bina Usaha Karomah di Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Bupati Pamekasan Baddrut Tamam meresmikan prasasti Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tabarok Shohibul Qorib dan Koperasi KSU Syariah Bina Usaha Karomah di Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (5/8/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung khidmat. Persemian secara simbolik tersebut dibuka dengan pembacaan basmalah yang diteruskan dengan penandatanganan prasasti, kepada kedua koperasi syariah. 

Salah satu tujuannya untuk memudahkan akses permodalan para pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM). Turut hadir dalam agenda itu Kepala Dinas Koperasi (Kadiskop) UKM Provinsi Jawa Timur (Jatim) Purnomo Hadi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi  UKM Pamekasan  Abdul Fata, dan beberapa undangan lainnya. 

Usai memberikan sambutan, bupati langsung menandatangani prasasti yang telah disediakan. Selanjutnya, pemberian cinderamata kepada Kadiskop Pemprov Jatim dan batik khas Pamekasan. 

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam merasa sangat bahagia dan bersyukur. Sebab semangat baru untuk membangun perekonomian Pamekasan sudah bertambah kemitraannya. 

Yakni dengan baru diresmikannya dua koperasi,  diharapkan memberikan stimulus kepada setiap anggotanya dan masyarakat untuk memulai usahanya dengan dibantu permodalan dari koperasi.

“Di era pandemi ada dua yang bisa bertahan, IKM, dan Koperasi, daya saing koperasi yang semakin ketat perlu juga didorong untuk bisa berdaya saing dengan model kebijakan dan skema perbankan,” ujarnya. 

Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil RBT ini menegaskan, konsep koperasi syariah mempunyai keseimbangan dan kesejahteraan sosial, serta kesalehan ekonomi. Sehingga implikasinya bisa berdampak pada perbaikan ibadahnya dan perbaikan kesejahteraan ekonomi.

“Keseimbangan inilah yang akan menjadi bagian dari koperasi syariah, sehingga orang yang ikut koperasi syariah harapannya, ibadahnya bagus, dan ekonominya bagus,” jelasnya. 

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu menjabarkan, untuk potensi yang dimiliki kabupaten pada dasarnya bervariasi. Sehingga semua pihak harus saling bergandengan tangan untuk terus bisa mengeksplorasi berbagai potensi yang ada. Sehingga cita-cita menjadikan Pamekasan hebat berdaya saing bisa terwujud. 

“Kabupaten ini mempunyai potensi yang  luar biasa, harus termaksimalkan,  didorong untuk menjadi sumberdaya yang berdaya saing di masa depan,” tegasnya. 

Sementara itu,   Kepala Diskop UMKM jatim,  Purnomo Hadi mengapresiasi fasilitasi pemerintah daerah dalam mendorong pegiat UKM agar bisa bekrembang untuk  membangun usahanya. Sehingga berdampak terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

“Kami siap mendorong dari berbagai program yang bisa dikerjasamakan, mulai dari kerjasama di bidang pelatihan, ataupun program lainnya yang bisa mendongkrak pembangunan ekonomi masyarakat Pamekasan.  Kami bersama OPD di provinsi  siap membantu pak bupati Pamekasan ke depan,” janjinya.  (rul/ito/waw*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *