Tips Sehat Mental Ala RSUD dr. H. Moh. Anwar Semenep

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) ERLIYATI: Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Semenep

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day 2021 yang jatuh pada 10 Oktober 2021 lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep memberikan tips kesehatan jiwa.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Semenep Erliyati melalui Dokter Spesialis Jiwa, dr. Utomo menyampaikan, ada beberapa menu-menu dalam mendapatkan kesehatan jiwa yang selama ini terkesan kurang dipedulikan oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dalam diri kita itu ada unsur fisik dan jiwa. Namun, yang dinilai penting dalam anggapan itu adalah kesehatan fisik. Padahal sejatinya itu, sama-sama prioritas,” kata dr. Utomo.

Guna mewujudkan keseimbangan kesehatan fisik dan jiwa atau mental, ada beberapa tips yang ditawarkan. Di antaranya memupuk kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial, terus berinovasi mengembangkan diri dalam melakukan sesuatu yang tujuannya melahirkan perilalu produktif dan bermanfaat. Selanjutnya adalah memelihara pikiran-pikiran positif.

Sebab, lanjut dr. Utomo, dampak dari kurang terkontrolnya mental, maka akan ada gangguan psikis. Dampaknya mudah tersinggung, kebingungan bahkan lupa arah tujuan dan mudah marah. Jika dibiarkan berlarut, akan lebih sulit diobati dibanding dengan penyakit fisik.

“Kalau sudah terganggu terus-menerus, maka akan berdampak kurang baik, dampaknya bisa depresi bahkan gangguan jiwa berat atau bisa disebut gila,” imbuh dia.

Dia menyebut, ada tiga komponen dalam jiwa yang harus selalu dijaga dan perlu asupan gizi, antara lain, pikiran, perasaan dan perilaku. Pada pikiran, asupan gizinya adalah tidak memasukkan hal-hal yang tidak perlu dipikirkan, atau tidak boleh memikirkan hal negatif yang dikhwatirkan terbawa perasaan dan melahirkan perilaku amoral yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Maka diperlukan antisipasi sikap misalnya berupa perhatian, konsultasi, bisa psikoterapi dan yang lainya,” paparnya.

Menurutnya, tips sederhama mengelola diri, akal sehat dan produktif memang diperlukan dari unsur luar, misalnya makanan yang mensehatkan fisik.
Tetapi harus konsumsi pikiran harus sehat juga.

Konsumsi pikiran sehat itu seperti bergabung dengan komunitas dan lihai kelola stres. Selain itu, selalu kuatkan daya tahan mental dengan terus belajar, mengalihkan ke hal positif seperti olahraga, ikut pengajian dan perilaku bermanfaat lainnya

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *