Tips Sukses Berwirausaha ala Owner IKM Madata

  • Whatsapp
(FOTO: Km/khoyrul umam syarif) INOVATIF: Romlah, owner industri kecil menengah (IKM) Madata.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Bisnis merupakan jalan keluar agar mempunyai penghasilan lebih untuk kesejahteraan keluarga. Tetapi hal itu perlu dilakukan secara konsisten dan serius agar sukses bersaing di tengah arus global yang tak bisa dibendung. Perjuangan itu dilakukan seorang owner Industri kecil menengah (IKM) Madata Romlah, dengan modal awal Rp25 juta sudah mampu memiliki omset jutaan rupiah setiap bulan.

KHOYRUL UMAM SYARIF, PAMEKASAN

Bacaan Lainnya

Wanita beralamatkan di Jalan Brawijaya 86 Pamekasan itu, memulai usahanya diawali dengan kesukaannya mengolah berbagai olahan bumbu masakan dapur yang untuk dihidangkan kepada segenap keluarganya, hingga akhirnya seiring berjalannya waktu, dicobalah memasarkan hasil karyanya secara door to door, dan hasilnya banyak yang minat.

“Awal mula  munculnya inspirasi dari rumahnya sendiri (suka memasak) & suka berinovasi, yang akhirnya timbul ide berusaha dari rumah untuk bisa menghasilkan uang,” paparnya, Rabu (20/1/2021).

Sosok yang dengan semangat yang gigih itu, mengawali karirnya untuk dalam dunia usaha pada 2010, tetapi untuk pengurusan legalisasi produk, dilakukan pada tahun  2016 dengan modal awal 20-25 juta, dan semua usaha dilakukannya secara mandiri.

“Alhamdulillah, saat ini, untuk omset setiap bulannya bisa tembus Rp6 juta, semoga usaha kami terus dilancarkan,” ulasnya.

Wanita kelahiran Sampang, 6 Februari 1975 tersebut, saat ini telah menghasilkan berbagai produk, dan sudah beredar luas di pasaran. Di antaranya, kopi rempah madura, pokak madata, jakute plus, ektrak temulawak, ektrak jahe, ektrak kunyit. Tujuan bisnisnya yaitu untuk mememenuhi berbagai kebutuhan keluarganya.
“Membantu ekonomi keluarga dan meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, dengan cara memilihkan tempat pendidikan yg bagus,” ujarnya.

Dia juga menjabarkan tips sukses berwirausaha, di antaranya, pantang menyerah, selalu berikhtiar, dan bersyukur. Sebab dengan itu  tumbuh rasa optimis yang bisa memacu semangat selalu berinovasi.
“Memiliki semangat yang tinggi dlm berkreativitas dan berinovasi merupakan prinsip sukses dalam berusaha,” pungkasnya. (rul/km58)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *