TMS, Ratusan Pelamar CPNS di Sampang Gugur

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) GAGAL: Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Sampang yang tidak memenuhi syarat (TMS) secara otomatis gugur.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Hasil verifikasi berkas pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS), terdapat 153 pendaftar tidak memenuhi syarat (TMS). Jumlah tersebut, merupakan total dari pendaftar sebanyak 1.287 orang. Sedangkan, untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 2.219 orang.

Namun, kewenangan verifikasi berkas pendaftar langsung Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Hal tersebut diungkapkan Kabid Informasi dan Pembinaan Aparatur  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Hendro Sugiarto, Kamis (5/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ketentuan pendaftar TMS merupakan hasil verifikasi data dari tim verifikator. Sehingga, secara otomatis ratusan pendaftar dinyatakan gugur. Sedangkan, pendaftar CPNS rekrutmen 2021 yang dinyatakan memenuhi syarat berjumlah 1.134 orang. Peserta yang lulus bisa mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes tulis.

Hanya saja, pihaknya mengaku tidak mengetahui secara pasti pelaksanaannya. Sebab, masih nunggu penjadwalan dari pusat. Mayoritas pendaftar yang TMS tersebut, lantaran jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pendidikan yang dimiliki, terdapat berkas pendaftaran yang kurang dan adanya kesalahan upload berkas.

“Sekarang ini, masih tahap masa sanggah dari tanggal (4–8). Sekarang sudah ada sebagian yang melakukan komplain ke kami,” jelasnya.

Dia menegaskan, pada masa sanggah mempersilahkan pendaftar yang TMS untuk komplain, manakala memang ada kesalahan dalam proses verifikasi. Sebab, bisa jadi memenuhi syarat, tetapi kalau TMS sudah tidak bisa diotak atik, lantaran tim verifikator bekerja secara teliti.

“Dalam proses verifikasi berkas ini, sangat kecil sekali kemungkinan adanya human error. Kalau mau komplain silahkan, mumpung masih dalam masa sanggah,” beberanya.

Sekedar diketahui, kuota untuk Kabupaten Sampang pada rekrutmen CPNS tahun 2021 itu hanya 76 orang dan PPPK 301 orang. Untuk pendaftar CPNS yang paling banyak peminatnya yakni bidan dan perawat. Sedangkan, PPPK semuanya dari guru yang sudah memenuhi syarat. (sub/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *