TP PKK Pamekasan Luncurkan Program SOTH dan Selantang


TP PKK Pamekasan Luncurkan Program SOTH dan Selantang
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENGUATAN: Pemkab Pamekasan dorong terciptanya keluarga yang mampu menciptakan SDM berkarakter kuat demi lahirnya generasi tangguh masa depan. 

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan meluncurkan program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang). Peluncuran program itu dilaksanakan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nayla Baddrut Tamam di Pendopo Kecamatan Larangan, Pamekasan , Kamis (8/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupa (DP3AP2KB) Yudistinah juga turut mendampingi istri Bupati Pamekasan Baddrut Tamam tersebut. Tampak hadir pula Forum Koordinasi Pemerintah Kecamatan (Forkpimka) Kecamatan Larangan dan Galis.

Menurut Ketua TP PKK Pamekasan Nayla Baddrut Tamam, SOTH dan Sekolah Lansia merupakan program edukasi mengenai pengasuhan balita dan lansia. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya penguatan ketahanan keluarga, perlindungan dan pemberdayaan terhadap keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

Menurut Nayla Tamam, dalam berkeluarga banyak sekali tantangannya, di antaranya, pernikahan yang tidak disiapkan secara matang, meningkatnya pernikahan usia dini, pendidikan masyarakat masih rendah, keterbatasan ekomomi, serta perceraian terus meningkat.

Kondisi tersebut dinilai sangat berdampak pada pola asuh orang tua, serta memperbesar risiko gangguan pertumbuhan kembang anak.

“Pembangunan SDM yang unggul, berkualitas, dimulai dari pembentukan karakter sejak dini, sehingga adanya SOTH di kelompok bina keluarga balita (BKB) perlu dioptimalkan,” tuturnya, Kamis (8/9/2022).

Nayla menyampaikan, pada tataran lansia pun perlu mendapatkan perhatian yang maksimal, sehingga dengan dibentuknya program Selantang di kelompok bina keluarga lansia (BKL), bisa hadir sebagai sebuah solusi dalam proses pembinaan, sehingga para lansia bisa tertata secara kemandirian ekonominya dan bisa damai dan tentram pada usia penghujung.

Launching kali ini bisa menjadi cikal-bakal pembentukan sekolah sejenis, di semua kecamatan, guna menuju masyarakat Pamekasan yang hebat, rajje bhejreh, tor parjugheh,” urainya.

Sementara itu, Kepala DP3P2KB Pamekasan Yudistinah menyampaikan, lokasi dari dua sekolah yang dilaunching berada di Desa Panaguan, Kecamatan Larangan dan di Desa Polagan Kecamatan Galis. Di Desa Panaguan khusus SOTH BKB Mawar, sedangkan untuk Selantang berada Desa Polagan.

 “Kami berharap dari dua sekolah itu bisa menjadi sarana edukasi yang bisa mendorong lahirnya pola asuh yang baik dan terciptanya lingkungan keluarga yang damai dan saling menguatkan,” ujarnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna