oleh

TP PKK Sampang Apresiasi Kesuksesan Poktan Kembangkan Komoditi Lokal

Kabarmadura.id/SAMPANG-Bertepatan pada momentum peringatan Hari Tani Nasional 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sampang ikut serta dalam kegiatan panen raya melon di Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah, Sampang, bersama para petani holtikultura pada Kamis (24/9/2020).

Pada kesempatan tersebut, juga dilangsungkan gelaran pasar tani. Untuk Itu, Pemkab Sampang sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan tersebut, utamanya kepada Kelompok Tani (Poktan) Gemah Ripah Ar-Rohmah Desa Bira Timur yang tetap produktif selama wabah Covid-19 dengan menghasilkan pangan lokal yang berkualitas.

Ketua TP-PKK Sampang, Hj Mimin Slamet Junaidi menyampaikan, selama masa wabah Covid-19, telah banyak menimbulkan ketidakpastian diberbagai sektor, termasuk sektor pertanian dan ketahanan pangan, sehingga menuntut masyarakat menempuh beragam upaya agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

“Kami sangat salut dan mengapresiasi atas keberhasilan Poktan Gemah Ripah Ar-Rohmah ini yang terus berupaya produktif di masa wabah Covid-19 dengan menghasilkan produk pangan lokal yang berkualitas, berupa melon,” tutur Hj Mimin Slamet Junaidi dalam sambutannya.

Istri orang nomor satu dilingkungan Pemkab Sampang itu menguraikan, upaya Poktan Gemah Ripah Ar-Rohman dalam ikut serta mendorong laju perekonomian di daerah, merupakan capaian yang selaras dengan visi misi bupati Sampang, yakni Sampang hebat bermartabat guna mewujudkan SDM yang berkualitas dan kemandirian ekonomi daerah.

Kata dia, potensi sektor pertanian di daerah yang berjuluk Kota Bahari ini, khususnya tanaman melon, sangat bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, karena tanaman melon itu, disamping bisa dijual dalam bentuk buah, juga bisa diolah dalam berbagai jenis, seperti sari melon, dodol dan sirup.

“Kami sangat yakin dan optimis, kerjasama ini kedepan dapat mewujudkan peningkatan produk-produk lokal yang berkualitas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, khususlnya di sektor pertanian,” urainya.

Sambung wanita yang akrab disama Hj. Mimin itu, agarpara petani terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam penerapan teknologi tepat guna melalui bimbingan para penyuluh serta dapatmengikuti perkembangan teknologi informasi saat ini.

“Sekali lagi, kami ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya panen raya melon dan pasar tani di Desa Bira Timurini,” tutupnya. (sub/waw)

Komentar

News Feed