TPA Baru Pilihan Pemkab Bangkalan Belum Lakukan Pengelolaan Sampah

  • Whatsapp
MANUAL: Sampah di TPA Desa Bunajih Kecamatan Labang, Bangkalan, belum bisa dikelola secara modern karena keterbatasan infrastruktur.

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Desa Bunajih, Kecamatan Labang, Bangkalan masih belum berjalan. Sanimah, salah satu warga Bunajih mengatakan, untuk sementara ini belum ada pengolahan sama sekali sebab warga sendiri tidak paham pengolahannya seperti apa. Sebab truk sampah yang datang 1 hari 2 kali siang dan malam. Setelah itu sampah diletakan di TPA langsung di tinggal pergi.

“Saya tidak tahu TPA itu dikelola  speerti apa. Sebab  memang ada alat berat di sana yang  tidak pernah difungsikan karena tidak ada yang memandu,” ungkapnya, Minggu (22/03/2020).

Plt Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, Eko Maryanto mengatakan, pengelolaan sampah di TPA tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa diolah dengan lebih modern. Sebab akses jalan juga perlu diperbaiki untuk memasukkan alat berat ke lokasi TPA .

“Saya butuh alat ini itu tidak bisa langsung ada, terus akses untuk transportasi juga butuh waktu dalam perbaikan, karena ingin mendatangkan alat berat ke TPA tidak bisa masuk” dalihnya

Selain itu, ia menambahkan, di TPA yang baru operasi tidak sampai 1 bulan tersebut, belum dilakukan pemilahan antara sampah organik dan sampah non-organik.

“Sampah masih tercampur, jadi nanti gunakan alat pencacah untuk memisahnya. Tapi saat ini masih terkendala listrik yang masih belum dipasang, sehingga dalam pemisahan sampah menggunakan tenaga manusia,” katanya.

Sementara itu  berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency ( JICA), jumlah sampah yang berada di Kota Bangkalan ini sebanyak 284 ton.

“284 ton sampah dengan asumsi 0,316 kg per jiwa. Sedangkan jumlah penduduk di Kabupaten Bangkalan sebanya 900 ribu,” katanya.  (sae/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *