TPP ASN Masih Ditahan Hingga Selesainya PAK

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) SEPI: Salah satu pemuda saat menunggu di kantor BPKAD Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang,  hingga kini masih belum dicairkan. Hak para ASN tersebut, baru akan mulai mengalir kerekening mereka jika pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sampang tahun 2021 selesai.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bangkalan Abdul Azis menyampaikan, belum adanya TPP yang dicairkan tersebut, karena Pemkab masih perlu melakukan rasionalisasi penghitungan dalam postur anggaran melalui PAK APBD 2021.

“Belum dicairkan, menunggu PAK selesai dulu,” katanya.

Pihaknya menegaskan, bahwa penahanan pencairan TPP para ASN di lingkungan Pemkab Sampang sudah sesuai dengan instruksi kementerian bahwa jika dana untuk penanganan Pandemi Covid-19 masih belum cukup, maka TPP nantinya juga akan menjadi salah satu opsinya.

“Kalau dananya, sudah ada. Hanya belum dicairkan karena memang masih ada peraturan yang mengharuskan untuk ditahan dulu,” ulas Azis sambil menegaskan jika TPP pegawai tetap ada dan tidak dihapus.

“Tetapi untuk nominalnya menyesuaikan dengan banyaknya kebutuhan yang masih diperlukan. Kalau nanti masih kurang banyak dananya, tentu pemotongan juga banyak,” paparnya.

PS, Salah satu ASN di lingkungan Pemkab Sampang yang tidak ingin namanya disebutkan secara langsung, menyampaikan, bahwa dirinya belum menerima pencairan TPP sejak sejak Februari 2021. Keresahan PS, semakin terasa, karena mendapatkan isu bahwa TPP akan dihapus.

“Katanya mau dihapus, saya juga bingung percaya atau tidak,” tutur PS.

Bagi PS, TPP adalah harapan terbesar bagi pegawai. Jika TPP masih dihapus atau dipotong. Tentu akan berat bagi para pegawai, meskipun pada dasarnya mereka tidak akan protes.

“Berat rasanya, tapi mau bagaimana lagi jika memang untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (hel/bri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *