oleh

TPP ASN Naik hingga 100 Persen

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan Linda Mardiana menjelaskan, tahun ini tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) untuk aparatur sipil negara (ASN) mengalami kenaikan. Untuk eselon rendah, kenaikan bisa mencapai 100 persen.”TPP terendah itu Rp500 ribu. Maka naik seratus persen berarti menjadi Rp1 juta per bulannya. Itu sesuai dengan regulasi atau perintah dari Kemendagri sebagai upaya peningkatan penghasilan pegawai. Karena kan kecil pendapatannya,” ujarnya.

Menurutnya, yang menjadi kriteria dalam pencairan TPP tersebut bukan semata rajin ceklok, tetapi juga dilihat dari kinerjanya. Apalagi target capaian kinerja bagus, maka TPP bisa dicairkan. Sebaliknya, jika hanya bermalas-malasan maka secara otomatis capaian kinerjanya tidak akan bagus dan TPP-nya akan bermasalah. Karena memang tujuan tunjangan tersebut adalah sebagai motivasi penyemangat kerja sebagai abdi negara.

“Sekarang bisa dicek, yang sudah bisa cair tentunya sudah ada yang bertambah,” katanya, kemarin.

Jika ASN mendapatkan TPP, sayangnya guru harus gigit jari, khususnya guru honorer karena tidak menerima tunjangan apapun selain honor bulanan.

Menanggapi persoalan itu, para pemangku kebijakan pendidikan mulai dari Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, dan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Sumenep mengungkapkan nada serupa bahwa untuk guru terutama yang honorer tidak ada tunjangan lain yang didapatkan.

Kepala Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Sumenep Mohammad Tawil menyampaikan, tidak ada patokan terhadap pendapatan guru.

“Mereka hanya digaji sesuai kebijakan yayasan masing-masing,” paparnya.

Sementara itu, Kacabdin Sumenep Syamsul Arifin juga menyampaikan, guru honorer memang tidak mendapatkan tunjangan apapun selain gaji guru.

“Itu cuma dapat tiap bulan gaji kalau dapat SK gubernur tapi kalau tunjangan masih belum ada kayaknya,” ungkapnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed