oleh

TPP Molor Lagi, THR Tunggu Perkada

KM/SUBHAN-IMAM SANUSI: Kabag Organisasi Sekretriat Pemkab (Setkab) Sampang

Kabarmadura.id/SAMPANG-Rencana pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) kepada para aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Sampang molor. Sebelumnya, TPP itu ditargetkan cair pada Mei ini. Namun, Pemkab Sampang kembali menunda pencairan TPP pada bulan Juli mendatang dengan alasan surat keputusan (SK) penetapan kelas jabatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hingga kini belum turun.

Atas kondisi tersebut, harapan para ASN di lingkungan Pemkab Sampang mendapatkan TPP harus tertunda lagi. Tak hanya itu saja, hak para abdi negara di Kota Bahari mendapatkan tunjangan hari raya (THR) sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2019 tentang pemberian THR kepada ASN, prajurit tentara nasional, anggota kepolisian, pejabat negara, penerima pensiun dan penerima tunjangan belum ada kejelasan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Kabupaten (Setkab) Sampang Imam Sanusi menjelaskan, penundaan pencairan TPP itu dikarenakan SK penetapan kelas jabatan yang diusulkan oleh Pemkab Sampang ke Kemepan RB sejak tanggal 26 Juni 2018 silam, sampai hari ini belum turun. Agar ASN tidak dirugikan, maka pihaknya berjanji mengusulkan kenaikan nilai TPP dari Rp1.400 menjadi Rp2.800 per nilai jabatan.

”Untuk pencairan TPP kembali ditunda, sedangkan THR masih menunggu rampungnya peraturan kepala daerah (Perkada) atau Perbup sesuai dengan amanat PP 36/2019 tentang pemberian THR,” ucap Imam Sanusi kepada Kabar Madura, Selasa (14/5).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses penyusunan Perkada THR. Itu sesuai kesepakatan hasil rapat dari Kemenpan RB yang disepakati perubahan redaksi pada pasal 10 ayat 2 PP 36 tahun 2019 melalui distribusi II, di mana perubahan redaksi dari Perda menjadi Perkada.

”Awalnya PP 36/2019 ini mengharuskan Perda untuk pencairan THR ini, namun karena beberapa petimbangan diadakan rapat dan disepakati pencairan THR tahun ini cukup berdasarkan Perkada saja, dan alhamdulilah Perkada untuk pencairan THR di Sampang sudah proses,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang ASN di lingkungan Pemkab Sampang yang namanya enggan dikorankan mengaku kecewa karena TPP tidak dapat cair i bulan ini, sesuai janji pimpinan sebelumnya. Pihaknya berharap TPP dan THR segera cair karena itu merupakan haknya sebagai abdi negara.

”Yang jelas, saya pribadi kecewa dengan pimpinan karena pencairan TPP ini tidak sesuai dengan janjinya, sedangkan untuk THR, saya berharap penyusunan Perkadanya segera tuntas dan bisa segera dicairkan,” harapnya. (sub/pai)

Komentar

News Feed