TPS 3R Lawangan Daya Tunggu Dana PAK

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pembangunan tempat pengelolaan sampah (TPS) reuse, reduce, dan recycle (3R) di Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, diklaim sudah selesai. Hanya saja, ada beberapa fasilitas penunjang yang belum bisa dipenuhi karena menunggu dana perubahan anggaran keuangan (PAK) Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Amin Jabir menyampaikan, proyeksi pembenahan untuk TPS 3R tersebut berdasarkan rekomendasi dari ombudman, sehingga diharapkan per Januari 2020 tempat itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pembangunan TPS 3R di setiap desa akan terus digalakkan sehingga persoalan persampahan di Pamekasan segera ada solusi. Dan untuk pembangunannya, pihaknya akan bekerja  sama dengan desa atau kelurahan.

“Program kita ke depan adalah revitalisasi TPS 3R untuk mendukung TPA Abadi,” paparnya.

Adapun pembenahan di TPS 3R Lawangan bersumber dari dana DBHCT tahun 2019 yang berkisar Rp200 juta. Dan peruntukannya di antaranya untuk pembangunan pagar, teralis, sambungan listrik, pengadaan tandon, pengeboran dan generatornya serta pengadaan alat angkutnya.

“Ada satu roda tiga yang kita bisa wujudkan di PAK nantinya,” ujarnya.

Dia berharap semua masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Dia juga mengirimkan surat edaran kepada seluruh instansi agar tata kelola sampahnya bisa  tetap dijaga sehingga bisa persoalan sampah bisa terkelola dengan baik dan benar.(rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *