oleh

Tragis, 6 BUMDes Baru Berdiri Sudah Macet

Kabarmadura.id/PAMEKASAN– Laju perkembangan badan usaha milik desa (BUMDes) di  Pamekasan sebagaimana klaim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pamekasan sudah mencapai sebanyak 101 BUMDes. Namun, dari jumlah tersebut belum masih sebatas inventarisir  karena 51 di antaranya baru perencanaan.

Berdasar  data yang dimiliki Dinas  PMD Pamekasan sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinasnya, Sigit Priyono,  dari  101 BUMDes, baru 60 BUMdes yang sudah terbentuk dengan  berbagai katagori dalam  perjalanannya.

“Usaha milik desa yang katagori usahanya aktif dan berjalan ada 20 desa. Yang macet ada 6 dan 24 desa katagorinya baru dibentuk,” ungkap Sigit sambil menjelaskan jika  terdapat 51 calon BUMDes yang sudah dalam rencana.

Meski tingkat tumbuh BUMDes Pamekasan menunjukkan progres menanjak, nyatanya dari perjalanan pembentukan BUMDes  di desa-desa di Pamekasan sudah terdapat 6 BUMDes yang dinyatakan macet. Rata-rata BUMDes yang  dinyatakan macet tersebut dalah BUMDes yang  bergerak di bidang usaha simpan pinjam.

“Kami sudah berupaya dengan mendorong semua kepala desa untuk kemudian membentuk BUMDes supaya perekonomian di desa bisa mensejahterakan masyarakat,” ungkap Sigit.

Sementara itu, Stafsus BUMDes PMD Pamekasan Syarif Hidayat mengungkapkan data yang mencengangkan terhadap  perkembangan dari BUMDes di  Pamekasan. Menurut Syarif Hidayat, dari beberapa BUMDes di Pamekasan baru 1 BUMDes yang dinyatakan sehat dan sukses dalam perjalannya, yakni BUMDes Delta Mulia milik Desa Panempan.

Perusahaan yang didirikan pada 2017 tersebut, jelas Syarif, bergerak di bidang usaha simpan pinjam dan pasar desa.

Sebelumnya dijelaskan oleh Kepala Dinas PMD Pamekasan, Ach, Faisol bahwa pemerintah di tingkat desa kesulitan dalam mengembangkan usaha yang memiliki daya saing lebih dengan desa-desa lain di Jawa Timur.

“Semangat di desa sebenarnya sudah bagus dalam usaha pengembangan BUMDes. Cuma kadang kami kebingungan juga mau dibuat apa?. Kemarin kita sudah menginventarisir semua potensi desa, termasuk usahanya,” papar Faisol menguraikan adanya kesulitan dalam mengembangkan BUMDes dalam menentukan unit usaha yang akan dikembangkan. (km47/bri)

 

Perkembangan  BUMDes di Pamekasan

Aktif berjalan              20

Tidak aktif/macet        6

Baru dibentuk             24 desa

Masih rencana             51

 

5 BUMdes macet di Bidang Simpan Pinjam

Desa Kecamatan BUMDes Tahun
Ambat Tlanakan Maju Jaya 2016
Baddurih Pademawu Nafa 2015
Teja Timur Pamekasan Sumber Jaya 2016
Klampar Proppo Akar Daya  
Bangsareh Batumarmar Sejahtera  

 

 

Komentar

News Feed