Tuding Pabrikan Bermain Mata,Lakukan Pembelian Hanya Khusus Mitra

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Aksi demontrasi untuk memperjuangkah nasib para petani digelar oleh beberapa mahasiswa pada Selasa (24/9).Aksi tersebut dimulai dari Area Monumen Arek Lancor menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan. Aksi dilanjutkan dengan mendatangi pabrikan rokok secara langsung bersama beberapa anggota DPRD.

Kordinator Aksi Basri menyampaikan, berdasarkan temuannya, tembakau Madura semakin hari semakin tidak jelas harganya sebab pabrikan hanya membeli tembakau dari mitranya. Hal itu dinilai keputusan yang sangat merugikan para petani.

“Setelah kami adakan audiensi barusan tentunya harus ada evaluasi jangaka panjang,” paparnya.

Dia juga menambahkan, pada tahun ini PT Sadhana Arif Nusa hanya membeli tembakau dari kemitraannya. Namun setelah ada perdebatan a lot, pihak pabrikan untuk kedepannya akan melakuakn pembelian tembakau milik masyarakat secara umum, tidak lagi terbatas kepada mitra.

Pihaknya juga menuding dalam pembelian tembakau kali ini ada permainan antara pihak pabrikan dengan beberapa oknum yang sengaja bermain untuk memproleh keuntungan dari para petani.

Sementara itu pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Harun Suyitno menyampaikan, setelah mendatangisalah satu gudang temabakau, pihaknya menemukan salah satu faktoryang menyebabkan harga tembakau Madura sangat murah, yakni sebelum musim panen tembakau Madura ternyata banyak tembakau Jawa yang sudah masuk ke Pamekasan.

“Hal itu informasi yang dari gudang,” paparnya.

Ditambahkan olehnya bahwa untuk kedepan akan terus dievalusi sehingga bisa menekan agar tembakau Jawa tidak masuk ke Pamekasan, sehingga harga tembakau di Pamekasan bisa stabil.

“Nah dewan akan menguatkan hal tersebut dengan membuat perda yang memihak petani,” pungkasnya. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *