Tujuh Desa di Sampang Dijabat Pj Kades

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) PENGISIAN JABATAN: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang tengah memproses pengisian pejabat sementara (PJs) kades terhadap sejumlah desa.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Sebelum pergantian jabatan kepala desa di 111 desa mendatang, beberapa desa di Sampang sebagian sudah dipimpin pejabat sementara (Pjs). Sedikitnya, sudah ada tujuh desa di sejumlah kecamatan yang dipimpin Pj kades. Rata-rata, pengisian PJs kades dilakukan lantaran kades aktif meninggal dunia. Sehingga, pergantian dilakukan untuk mengisi kekosongan.

Desa yang dipimpin pj kades, masing-masing dua desa di Kecamatan Jrengik, tiga desa di Kecamatan Kedungdung, satu desa di Kecamatan Robatal dan satu desa di Kecamatan Camplong. Namun, pergantian PJs kades di Desa Bancelok Kecamatan Jrengik masih dalam proses pengangkatan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sampang Irham Nurdayanto, Rabu (4/8/2021).

“Mereka yang meninggal langsung diganti. Beberapa desa saat ini, sudah dipimpin PJs kades. Itu masuk di data 111 desa yang akan segera berakhir dalam waktu dekat,” ucapnya.

Menurutnya, selain pergantian oleh PJs kades di Desa Bancelok Kecamatan Jrengik akan disusul dengan dua desa lainnya. Yakni, Desa Tamberu Daya dan Desa Tamberu Barat Kecamatan Sokobanah. Pergantian dilakukan, setelah Badan Perwakilan Desa (BPD) menginformasikan adanya kekosongan jabatan kades.

Dikatakan, proses pengisian PJs dilakukan setelah laporan diterima DPMD. Laporan meninggal, dilengkapi dengan akta kematian dan persyaratan lainnya. Selanjutnya, akan diproses oleh pihak kecamatan setempat dan ditindaklanjuti oleh DPMD.

Di lokasi yang sama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD Sampang, Chalilurrahman menambahkan, jika ada laporan kades meninggal, maka laporan harus dilakukan oleh perangkat desa melalui BPD kemudian ditindaklanjuti oleh kecamatan setempat. Selanjutnya, ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) soal persiapan distribusi PNS yang akan mengganti.

“Untuk sementara, ada tujuh PJs kades yang sudah aktif. Selanjutnya, akan disusul dengan beberapa desa lainnya. Termasuk, pergantian PJs kades di 111 desa, dikurangi yang sudah dipimpin PJs kades dalam waktu dekat,” janjinya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *