oleh

Tujuh Klub Madura Bersiap Ikuti Kompetisi Liga 3

Kabarmadura.id-Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah meliris tahapan-tahapan di Liga 3 musim ini. Kompetisi kasta ketiga akan dilaui oleh seluruh peserta dengan empat tahapan, yakni putaran provinsi, putaran regional provinsi, putaran  pra-nasional, dan putaran nasional.

Kompetisi kasta terbawah  tersebut  sebagaiman rilis PSSI direncakan akan baru bergulir pada  Juli hinga Oktober mendatang. Sementara untuk pemain yang bisa didaftarkan adalah pemain dengan kelahiran Maksimal  1 januari 2001 s/d 1 januari 1997.

Dari  Pulau Madura, terdapat sebanyak tujuh klub yang saat ini tercatat sebagai peserta Liga 3. Yakni, Perssu Sumenep, Persepam Pamekasan, Pamekasan FC, Cahaya Muda Pamekasan, King Lebur Sampang, Persesa Sampang, Perseba. Dari tujuh peserta tersebut, hanya Perssu yang akan langsung berlaga di   babak putaran Pra-Nasional.

Putaran Provinsi

Putaran provinsi menjadi putaran paling dasa di kompetisi Liga 3. Putaran ini akan dihelat oleh masing-masing asosiasi provinsi (Asprov). Terhitung di Indonesi terdapat 35 Asprov.

Kendati demikian, putaran yang akan dihelat pada bulan Juli hingga Oktober akan diikuti oleh ratusan klub Indonesia yang gagal menembus putaran Nasional musim 2018.

Putaran Regional

Putaran ini akan berlangsung pada bulan November dan akan dihelat di tujuh wilayah di Tanah Air, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Maluku-Maluku Utara, dan Papua – Papua barat.

Klub yang bakal mennjadi kontestan ialah yang lolos dari putaran provinsi yang dihelat oleh masing-masing Asprov. Sementara ssstem yang akan digunakn adalah system gugur (kandang-tandang). Hasilnya akan mengerucut hingga mendapatkan 26 tim terbaik yang akan melaju langsung ke putaran Nasional.

Putaran pra-Nasional

Sembari putaran provinsi berlangsung (periode Juni-Oktober), PSSI juga menggelar pra-Putaran Nasional. Tahapan ini akan menghasilkan 6 klub untuk lolos ke putaran Nasional dan akan bertemu 26 klub yang sudah mengantongi tiket dari Putaran regional.

Kontestan Putaran pra-Nasional bakal diikuti 6 klub yang terdegradasi dari Liga 2 musim 2018, seperti Persika Karawang, PSIR Rembang, Persik Kendal, Persegres Gresik United, Semeru FC, dan Persiwa Wamena.

Ditambah lagi, 10 klub yang lolos 16 besar Putaran Nasional musim kemarin. Sebut saja, Solok FC, AS Abadi FC, Prsiba Bantul, Prssu Sumenep, lampung Sakti, Prsijap Jepara, PSBK Kota Blita, Persinga Ngawi, Celebest FC Palu, dan PSN Ngada.

Guna menentukan 6 tiket ke Putaran Nasional, 16 klub tersebut akan terbagi menjadi 4 klub yang akan melakoni pertandingan full turnamen. Lalu, dua tim teratas akan melaju ke babak 8 besar yang akan kembali dibagi menjadi 2 grup dengan sistem full turnamen.

Putaran Nasional

Putaran ini akan menjadi tahapan terakhir di Liga 3. Peserta akan bejumlah 32 tim yang berasal dari 26 klub Putaran Regional dan 6 klub dari Putaran pra-nasional. 32 klub itu akan dilakukan pengelompokan guna menjalani half turnamen.

Kompetisi yang akan berlangsung pada peiode bulan Desember ini akan menghasilkan 6 klub yang bakal mendapatkan jatah promosi ke Liga 2 musim 2020. (idy/bri)

Komentar

News Feed