oleh

Tunggu PPKM Usai, Disdik Bangkalan Rem Pelaksanaan PTM

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pembelajaran tatap muka (PTM) sudah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan. Kendati sudah mendapat restu namun realisasi PTM  tersebut belum ada kejelasan. Bahkan belum ada ketegasan dan kepastian soal pelaksanaan itu.

Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan belum memberikan kepastian kapan akan dilaksanakan. Sekretaris Disdik Zainul Qomar memprediksi bahwa pelaksanaan PTM akan dilakukan usai tahun ajaran baru.

“Kami masih menunggu pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Sedangkan PPKM berakhir sekitar tanggal 6 April,” ujarnya, Minggu (28/3/2021).

Qomar, sapaan akrab Sekretaris Disdik itu menuturkan, hingga saat ini PTM tersebut belum bisa dilangsungkan meski semua sekolah sudah siap melaksanakannya. Sedangkan kegiatan ujian sekolah yang akan berlangsung hari ini, Senin (29/3/2021) juga akan dilakukan secara daring.

Selain menunggu PPKM usai, kata Qomar, masih menunggu proses vaksinasi pada guru dan tenaga kependidikan selesai dulu. Sebab, saat ini masih ada 7 Kecamatan di Bangkalan yang belum disuntik vaksin.

“Perkiraan bisa PTM bulan Juli usai tahun ajaran baru sesuai seperti kata presiden dan Menteri Pendidikan,” terangnya.

Sementara itu, adanya izin pelaksanaan PTM terhadap sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) negeri, dipertanyakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Bangkalan.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penma) Abdul Hamid menyampaikan, Satgas Covid-19 Bangkalan dinilai tidak adil. Sebab, sekolah SMA/SMK negeri diberikan izin melaksanakan PTM. Sedangkan, untuk lembaga pendidikan madrasah belum diberikan izin.

“Tolong tanyakan itu kenapa SMA/SMK boleh PTM, kami belum diberikan izin. Jadi kami belum tahu kapan bisa tatap muka,” tandasnya. (ina/mam) 

Komentar

News Feed