oleh

Tunjangan Sertifikasi Guru Diprediksi Cair Bulan Juni 2021

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Memasuki triwulan pertama tahun 2021, guru di Bangkalan harus rela gigit jari. Sebab, tunjangan profesi guru (TPG) mereka belum bisa dicairkan. Belum cairnya tunjangan sertifikasi itu, karena surat keputusan (SK) penetapan belum turun. Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan memprediksi bisa cair pada Juni 2021 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Pendidik (Tendik) Disdik Bangkalan Moh. Bakrun. Katanya, tunjangan sertifikasi tersebut masih menunggu SK penetapan yang hingga saat ini belum turun. Sehingga, mau tidak mau, para guru di Bangkalan harus dipaksa menunggu sampai SK itu terbit.

“November kan sudah, tinggal Desember hingga Maret ini yang belum,” katanya, Rabu (3/3/2021).

SK penetapan, kata Bakrun,biasanya turun dari kementerian sekitar bulan April. Maka, pihaknya memprediksi tunjangan sertifikasi guru itu bisa cair sekitar bulan Juni untuk triwulan pertama.

Sedangkan besaran tunjangan sertifikasi setiap guru berbeda-beda. Tergantung dari gaji pokok dan golongannya.

Belum cairnya tunjangan sertifikasi ini, menurut dia, merupakan sudah menjadi hal biasa setiap tahun. Maka, dia hanya berpesan agar semua guru di Bangkalan untuk sabar menunggu dan tetap menjalankan tugasnya dalam mendidik siswa.

“Jangan sampai kendor meski telat, sabar, ini kan sudah menjadi hal biasa kalau awal tahun,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris Disdik Bangkalan Zainul Qomar mengungkapkan, ada sekitar 2.840 guru yang menerima tunjangan sertifikasi. Ada empat kali pencairan tunjangan sertifikasi guru dalam setahun. Pengambilannya dilakukan setiap triwulan sekali.

“Info dari staf saya yang nangani, satu bulan Rp3,5 miliar sampai dengan Rp4 miliar,” pungkasnya. (ina/waw)

Komentar

News Feed