oleh

Tunjangan Sertifikasi Ketiga Baru Dicairkan, yang Keempat Semakin Molor

Kabarmadura.id/Bangkalan-Hingga akhir tahun 2019, dana untuk tunjangan sertifikasi guru pada triwulan ketiga belum juga cair.

Menanggapi adanya keterlambatan pencairan sertifiksi guru tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Bambang Budi Mustika berjanji akan mencairkannya pada pekan ini. Rencananya, pada hari ini, Kamis (5/12/2019).

Dana sertifikasi tersebut, seharusnya sudah cair pada triwulan ketiga tahun 2019, aatu awal Oktober lalu. Sasarannya adalah guru nonpegawai negeri sipil (non-PNS) yang telah tersertifikasi.

Budi menyebut, keterlambatan pembayaran itu bersumber dari pemerintah pusat yang terlambat mengirim ke daerah.

“Kendalanya kemarin memang dana dari pusat baru kami terima Jumat lalu, itu yang menghambat dana sertifikasi hingga kini belum tersalurkan,” ujarnya.

Jika tak ada keterlambatan tersebut, harusnya saat ini para guru telah melakukan pemberkasan untuk pencairan di triwulan keempat. Dirinya menambahkan, proses pencairan dilakukan setelah penyaluran rampung.

“Insyaallah Kamis sudah bisa kami cairkan ke rekening masing-masing penerima,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Nur Hasan mengatakan, bahwa anggaran sertifikasi guru ini merupakan bagian yang ditunggu-tunggu oleh guru. Sebab, mereka menopang perekonomian dan menggantungkannya pada dana sertifikasi ini.

“Jika anggaran ini tidak segera dicairkan, bagaimana? Anggaran sertifikasi guru ini merupakan harapan guru untuk menopang perekonomiannya,” paparnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar Disdik segera mencairkannya. Sebab, politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tidak ingin kesejahteraan guru sebagai pendidik penerus bangsa diabaikan dan tidak diperhatikan.

“Saya harap Disdik harus bisa membantu pencairan ini agar sesegara mungkin bisa diterima oleh guru,” tandasnya. (ina/waw)

Komentar

News Feed