oleh

Tuntut Kacong Cebbhing Kembangkan Talenta

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Selain mempunyai paras cantik dan tampan, keberadaan Paguyuban Kacong Cebbhing menuntut para anggota mempunyai bekal talenta yang mumpuni. Sehingga, difasilitasi rutinitas setiap pekannya. Hal ini diungkapkan Ketua Paguyuban Muhammad Zamil, Minggu (25/4/2021).

Menurutnya, selain memang dituntut mempunyai wawasan dan keterampilan, ada agenda lain yang dilakukan para kacong cebbhing, yakni sering terlibat dalam kegiatan sosial. Tujuannya, sebagai pengembangan wawasan secara mandiri. Sehingga, para kacong cebbhing dengan sendirinya memiliki talenta yang cukup maksimal.

“Kalau kami biasanya untuk pengembangan wawasan, selain dikembangkan secara mandiri juga ada kegiatan mingguan. Bahkan sering berdiskusi dan mengikuti pelatihan-pelatihan,” ujarnya.

Kegiatan sosial yang dimaksud, para anggota harus sering melibatkan diri dalam berbagi bersama masyarakat. Mulai dari berbagi sembako dan yang lainnya, baik dengan kemampuan sendiri dan tidak jarang menjadi kepanjangan tangan para saudagar termasuk dari pemerintah sendiri.

Sedangkan aktivitas wajib, menurut dia para kacong cebbhing harus sering dilibatkan dalam berbagai acara, mulai dari menjadi pemandu wisata, penyambut tamu, baik tamu dari daerah sendiri maupun dari luar Negeri jika ada event-event penting.

“Kemampuan berbahasa inggris tidak jarang kami dilibatkan dalam mengantar atau menemui tamu dari luar, sehingga menjadi kebiasaan kami terus mengembangkan pengetahuan. Salah satunya, dengan belajar kelompok dan sendiri-sendiri,” jelasnya.

Kendati seperti itu, dengan modal kemampuan yang berbeda-beda yang dimiliki para kacong cebbhing, maka dia tetap berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep agar lebih luas lagi memberikan kesempatan atau panggung. Yakni, tidak hanya sekedar penerima tamu.

“Ada yang mampu di bidang MC atau presenter maka bisa memberi ruang dengan menggunakan tenaga kami, termasuk kemampuan yang lain,” tukasnya. (ara/ito)

Komentar

News Feed