oleh

Tuntut Optimalisasi, Pangkas Program OPD

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Lumrahnya program organisasi perangkat daerah (OPD) dipangkas lantaran terjadi defisit anggaran pada APBD. Namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Dirinya berencana untuk memangkas sejumlah program di masing-masing OPD. Tujuannya, agar program yang ada bisa dioptimalkan.

Pria yang baru meraih penghargaan 2 Piagam MURI tersebut, menginginkan seluruh program di lingkungan pemerintahannya bisa terserap secara optimal. Sehingga, manfaat dari program-program itu bisa betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Baddrut mengatakan, meski ada banyak program yang dirancang oleh setiap OPD, namun dalam realisasinya tidak maksimal. Maka, manfaat program-program tersebut tidak akan dirasakan oleh masyarakat.

“Tidak perlu banyak. Yang penting program tuntas dari hulu hingga hilir,” katanya, Rabu (13/3).

Dikatakan Baddrut Tamam, untuk tahun ini masih ada sebanyak 226 program yang merupakan turunan program dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) pemerintahan sebelumnya. Realisasinya pun masih belum maksimal.

Oleh karena itu, pihaknya berencana akan memangkas program di masing-masing OPD. Hal itu tidak lain untuk mengoptimalkan realisasi program agar benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program OPD tidak usah terlalu banyak. Tahun depan hanya 150 program di seluruh OPD,” jelasnya.

Dilanjutkan politikus PKB itu, efesiensi program di OPD bukan karena terjadi defisit pada APBD Pamekasan. Akan tetapi, dirinya berkeinginan agar program pembangunan benar-benar dijalankan dari pemerintahan terendah, yakni di tingkat desa dan kelurahan.

Dengan demikian, keinginan pemerintah kabupaten yang juga menjadi keinginan pemerintah pusat, untuk memajukan pembangunan yang merata dari desa bisa benar-benar terwujud melalui kebijakan tersebut.

“Semisal, saya target 2019 ada empat desa yang maju di tiap-tiap kecamatan. Itu bisa tercapai melalui keinginan desa,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pamekasan Hosnan Ahmadi mengatakan, efesiensi program pembangunan di masing-masing OPD bisa dilakukan dengan penjelasan yang detail dari Bupati Pamekasan. Jika memang tujuan efisiensi itu untuk peningkatan pembangunan, pihaknya mengaku tidak ada persoalan.

“Yang pasti dewan akan mengawal terus rencana pembangunan yang dicanangkan bupati,” tegasnya. (pin/nam)

Komentar

News Feed