Tupoksi dan Honor Linmas Buram, Satpol PP Bangkalan Menyarankan Ambilkan dari ADD

(KM/HELMI YAHYA) TAAT ATURAN: Upaya pembentukan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) di desa sudah mulai rampung.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Sebanyak 273 desa di Bangkalan sudah membentuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) desa. Pembentukan tersebut, merupakan amanah dari, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 26 Tahun 2020. Meski sudah dibentuk, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara spesifik belum dibahas, terlebih soal honor belum ada kejelasan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bangkalan Rudiyanto mengatakan, Permendagri tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Linmas, dijelaskan dalam satuan Linmas terdiri dari lima regu. “Lima regu diantaranya, regu kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini, pengamanan, pertolongan pertama pada korban dan kebakaran, penyelamatan evakuasi dan dapur umum,” ujarnya.

Namun di lapangan, tugas tersebut hanya insidental. Yakni, jika diperlukan baru bertugas. Sedangkan jika tidak ada kegiatan besar atau insiden, tugas mereka sepenuhnya belum diatur. Sehingga dalam satu regu, idealnya terdiri 10 anggota. Namun karena terkendala sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa, maka hanya dibatasi minimal lima orang.

Bacaan Lainnya

“Total anggota yang dibutuhkan sekitar 25 personil. Sebanyak 25 orang sudah mendapatkan surat keputusan (SK) sebagai anggota Linmas dari bupati,” ucapnya.

Disinggung mengenai honor anggota Linmas, pihaknya belum bisa menganggarkan. Sebab dana yang melekat belum cukup. Namun sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) perihal honor Linmas. “Desa memiliki anggaran alokasi dana desa (ADD) dari kabupaten. Penyaluran melalui DPMD. Jika memungkinkan honor Linmas bisa diambilkan dari ADD,” sarannya.

Sementara itu salah satu petugas Linmas di Kecamatan Kamal, Dumyati menyampaikan, tugas Linmas biasanya hanya diminta melakukan pengamanan saat ada kegiatan besar di desa, atau ketika pemilu raya. Sebelumnya linmas juga tidak pernah menerima honor bulanan.

“Hanya saat bertugas saja, tetapi jika memang ada rencana alokasi dananya. Tentu tim siap diberikan tugas dan tanggung jawab setiap harinya. Kalau memang ada tambahan honor, kami siap mengikuti,” responnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.