oleh

Turun Surat Baru dari Mendagri dan Menkeu, Pemkab Kaji Ulang Anggaran Hasil Refocusing Senilai Rp95,8 M

Kabarmadura.id/SUMENEP-Penetapan refocusing anggaran Covid-19 senilai Rp95,8 miliar sebelumnya bakal ditinjau ulang. Hal ini seiring dengan adanya Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Nomor 119/2813/SJ, Nomor 177/KMK.07/2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Yayak Nurwahyudi mengatakan, dalam 2 minggu ke depan pihaknya akan meneliti ulang tentang anggaran hasil refocusing sebagai tindak lanjut atas surat 2 kementerian tersebut.

“Surat tersebut yakni mengenai Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 Dalam Rangka Penanganan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional,” katanya, Kamis (16/4/2020).

Dijelaskan, salinan surat keputusan bersama tersebut saat ini sedanga dalam pembahasan. Dalam surat tersebut berkaitan dengan penambahan barang modal dan jasa atau dari belanja modal.

“Nantinya jika ada penambahan, hal tersebut nantinya sifatnya penyediaan anggaran,” ujarnya.

Dijelaskan, mengenai anggarannnya masih dalam tahap pembahasan mengenai besaran jumlah dan lain sebagaiya.

“Saat ini masih dalam tahap pembahasan,” ujarnya.

Sebelumnya batasan waktu penyampaian hasil penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui realokasi dan refocusing yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19 sudah habis.

“Saat ini masih ada perpanjangan waktu berdasarkan surat tersebut,” paparnya.

Menurutnya, dana refocusing belum dapat dimanfaatkan, menunggu rapat lanjutan mengenai penyesuaian susuai surat tersebut.

“Kami di sini terus melakukan pembahsan atau rapat setiap hari untuk anggaran Covid-19 itu,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed