oleh

UKM ESC UNIBA Madura Bakal Optimalkan Sosmed untuk Latihan Public Speaking

Kabarmadura.id/Sumenep-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Speaking Club (ESC) Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura tengah bersiap untuk menyambut mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2020-2021. Ketua UKM tersebut Adji Nur Wahyudin mengatakan, organisasi kemahasiswaan (ormawa) ini akan ikut memperkenalkan profil dan program kerja kepada mahasiswa baru.

Kendati di tengah wabah Covid-19, Ketua UKM ESC UNIBA Madura ini berjanji, akan tetap mengagendakan penerimaan anggota baru (PAB) untuk ormawanya. Hal itu agar kaderisasi mahasiswa yang mampu berbahasa asing tidak hilang.

“Di setiap periode pasti ada Operet (open recruitment) anggota baru. Dengan sistem memperkenalkan apa itu UKM English Speaking Club, serta tujuan UKM ESC dengan memberikan peluang kepada maba untuk bisa belajar bahasa Internasional ini,” bebernya, Selasa (11/8/2020) pagi.

Selanjutnya, mahasiswa kelahiran 17 November 1998 itu tengah memikirkan tindak lanjut dari PAB tersebut. Dia akan lebih memfokuskan terhadap praktek berbahasa Inggris dengan tujuan iklim itu bisa terbentuk sejak maba.

Akan tetapi, di tengah wabah Covid-19 ini, Adji telah mendiskusikan dengan pengurus lainnya tentang metode yang lebih tepat. Menurutnya, UKM ESC UNIBA Madura itu akan memanfaatkan sosial media (sosmed) sebagai ajang praktek. Namun, materi bakal dipersiapkan oleh pengurus.

“Jadi langsung lebih ke praktek dan bisa langsung public speaking. Kalaupun online, ESC akan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran,” lanjutnya.

Lebih lanjut, kaderisasi tersebut juga untuk keberlangsungan ormawa. Sebab, satu periode berjalan, dia dengan jajaran pengurus lainnya akan purna.

Adji juga menyampaikan, UKM ESC UNIBA Madura juga berperan untuk mereprentasikan mahasiswa yang bakal mengikuti agenda internasional, seperti presentasi ataupun pertukaran pelajar.

“Tidak sebatas untuk diri mereka sendiri, tapi demi keberlangsungan UKM ini dan juga mahasiswa juga akan ada agenda Go Internasional. Saya saja sudah pernah persentasi di Inggris, jadi giliran adik-adik yang lain nantinya,” tutup Adji. (idy/pai)

Komentar

News Feed