UM Gelar Pendampingan untuk Dosen UIM Menulis Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tinggi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) TINGKATKAN KOMPETENSI: Puluhan dosen UIM mengikuti pendampingan menulis artikel ilmiah menuju jurnal internasional bereputasi tinggi oleh UM Malang secara virtual.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pendampingan penulisan artikel ilmiah menuju jurnal internasional bereputasi tinggi untuk dosen Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan. Kegiatan tersebut dilaksanakan virtual melalui zoom meeting secara bertahap pada tanggal 10, 12, 14, dan 17 Agustus 2021.

Kerjasama antara dua perguruan tinggi itu dibangun melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UM dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UIM. Sedikitnya, delapan orang narasumber dari UM memberikan wawasan sekaligus praktik tentang langkah-langkah pembuatan jurnal internasional bereputasi tinggi.

Pendampingan yang diketuai oleh salah satu dosen UM, Hendra Susanto, ini bertujuan mengembangkan kompetensi dan ketertarikan para dosen dalam menulis artikel di jurnal internasional bereputasi. Hampir seluruh dosen UIM mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias hingga selesai.

“Sebenarnya banyak artikel dosen UIM di jurnal internasional, namun mereka diajari teknis agar artikelnya masuk ke jurnal internasional yang bereputasi tinggi,” jelas panitia pelaksana, Linda Tri Antika.

Para dosen mendapatkan pengetahuan mulai dari sistematika penulisan artikel yang tepat menurut standar jurnal internasional hingga metode agar artikel tersebut masuk ke dalam jurnal internasional bereputasi tinggi.

Lebih lengkapnya, tata cara penulisan introduction, methods, results, discussion, dan conclusion dibahas tuntas pada kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, peserta mengkonsultasikan artikel ilmiah yang telah ditulis mengenai ketepatan dan kualitasnya kepada narasumber.

Tidak sampai di sini, kedua perguruan tinggi tersebut berkomitmen terus menjalin kerja sama untuk memberdayakan dan meningkatkan keterampilan para dosen dalam membuat artikel berkualitas hingga masuk di jurnal internasional bereputasi tinggi. Bahkan, Dekan FMIPA UM Malang Hadi Suwono menyambut baik program tersebut.

“Banyak alumni kami (UM, red) diterima di UIM. Semoga alumni kami bisa berkontribusi lebih banyak untuk UIM. Mereka adalah mahasiswa terbaik kami,” ucap Hadi Suwono.

Dekan FKIP UIM, Suprianto, mengaku sangat senang atas terlaksananya pendampingan penulisan artikel jurnal internasional itu. Menurutnya, kegiatan itu menjadi charger bagi dosen untuk menulis artikel di jurnal internasional bereputasi tinggi, meski sedang di bawah tekanan wabah Covid-19.

Rektor UIM Pamekasan, Ahmad Asir mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, untuk mencapai gelar tertinggi profesi dosen, seorang dosen perlu berusaha keras. Sebagai salah satu semangat tridharma perguruan tinggi, potensi menulis artikel ilmiah berkualitas internasional menjadi suatu keharusan bagi setiap dosen.

“Semoga kerjasama dengan UM ini terus berlanjut. Ini bagus sekali untuk peningkatan kompetensi para dosen,” ungkapnya. (ali/maf/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *