UNIBA Dampingi Penyelenggaraan Program Desa Berinovasi di Desa Bunder

  • Whatsapp
(FOTO:KM/IST)) PENGABDIAN MASYARAKAT: UNIBA Madura melakukan pendampingan terhadap program Desa Berinovasi yang digagas oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di  Desa Bunder, Kecamatan Pademawu.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura melakukan pembinaan kepada Badan Usaha milik desa (BUMdes) Desa Bunder Kecamatan Pademawu Pamekasan. Pembinaan tersebut melalui program Desa Berinovasi yang diprakarsai oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan warga sesuai potensi yang dimiliki.

Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Ach. Zuhri, program untuk desa berinovasi tersebut pengajuannya harus melalui BUMDes atau lembaga organisasi desa lainnya dengan konsep triple helix, yakni pendekatan dalam menciptakan sinergi kerjasama dari tiga aktor yaitu: akademik, bisnis, dan pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis pengetahuan.

Bacaan Lainnya

“UNIBA bertanggung jawab untuk mendampingi, membimbing, dan melatih pengelola BUMDes Mutiara Saghara mulai dari proses penyusunan proposal, pengajuan, pelaksanaan, hingga pelaporan kegiatan nanti, sekaligus membantu mengembangkan eduwisata garam,” paparnya, Minggu (22/8/2021).

Mantan Ketua Unit Kegiatan Khusus (UKK) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Activita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura tersebut, program Desa Berinovasi dilaksanakan mulai akhir Juli sampai akhir November 2021 yang dikemas dalam bentuk pelatihan-pelatihan, pembelian alat penunjang eduwisata garam, dan pengolahan garam layak konsumsi.

“Membantu mengembangkan eduwisata garam dengan produknya yakni garam layak konsumsi agar lebih menarik dan tentunya menjadi tambahan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa bunder nantinya”urainya.

Sementara itu, Ketua BUMdes Mutiara Shagara Desa Bunder Taufik Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Uniba Madura,sebab sangat membantu mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan program, sampai pelaporan nanti, sehingga program tersebut bisa dilaksanakan di Desa Bunder.

“Terima kasih yang telah mendukung program-program kami, khususnya program Desa Berinovasi,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bunder Pamekasan Iswan Yanti mengapresiasi  pendampingan UNIBA Madura dalam program Desa Berinovasi, sebab bisa menambahkan kualitas BUMDes Mutiara Shagara, khususnya dalam melatih dan memberikan pendampingan terhadap berbagai program yang telah dirancang.

“Adanya BUMDes Mutiara Saghara sangat membantu desa, yang dibuktikan dengan penyerapan tenaga kerja yang semakin meningkat di Desa Bunder ini. Terima kasih kepada UNIBA  yang telah mendampingi BUMDes dalam program Desa Berinovasi ini,” tukasnya. (rul/maf)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *