oleh

UNIBA Madura Jalin Student Exchange dengan Kampus di Thailand

Kabarmadura.id/Sumenep-Universitas KH. Bahaudin Mudhari Madura (UNIBA Madura) menggandeng sejumlah perguruan tinggu di Thailand untuk bekerja sama. Kerja sama yang diwujudkan melalui memorandum of understanding (MoU) tersebut, digelar di aula UNIBA Madura pada 7 Februari 2020 lalu.

Penandatanganan MoU itu, antara UNIBA Madura dengan dua kampus dari Thailan, di antaraya Santivit Songkhla Technological Collage dan Horizon Business Administration Vocational College.

Dalam perjanjian itu, UNIBA Madura diwakili oleh Wakil Rektor I UNIBA Madura, Agung Purnomo.

Sedangkan dari Thailand, diwakili oleh Direktur Santivit Songkhla Technological Collage, Mangsod Mateh, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Chana Provinsi Songkhla, Thailand, Anupong Suwanweha dan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Nathawee dan Sabaiyoi Provinsi Songkhla, Hua Srisud.

Kabag Humas UNIBA Madura Betaditya Septianda Renita mengatakan, MoU tersebut merupakan langkah nyata UNIBA Madura membangun jaringan internasional. Sekaligus salah satu upaya implementasi enrichment program yang akan diterapkan UNIBA Madura yaitu international student mobility dan community service.

“Kami berharap kerjasma tersebut berjalan dengan baik tanpa ada kendala,” katanya, Kamis (13/2/2020).

Sementara menurut Direktur Santivit Songkhla Technological Collage Mr. Mangsod Mateh, kerja sama itu sangat bagus dalam pengembangan pendidikan dan persahabatan di kedua negara, khususnya UNIBA Madura dan juga Santivit Songkhla Technological Collage Thailand bisa mencapai kejayaan bersama.

Kerja sama itu sekaligus memberi pengalaman internasional bagi mahasiswa UNIBA Madura dan mahasiswa Thailand.

“Semoga MoU ini menjadi pengalaman berharga, utamanya mahasiswa serta antarinstansi,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Uniba Madura Agung Purnomo mengatakan, dalam MoU itu memuat jalinan kerja sama tridarma perguruan tinggi selama 5 Tahun dengan dua kampus asal Negeri Gajah Putih tersebut. Salah satu wujudnya adalah pertukaran mahasiswa atau student exchange antarkampus.

MoU antara dua negara itu juga dinilai sangat spesial. Sebab, akan langsung ada tindak lanjut yang nyata. Sebab, Santivit Songkhla Technological Collage dan Horizon Business Administration Vocational College sekaligus membawa enam perwakilan mahasiswanya. Mereka akan di Madura selama sepekan untuk mengikuti short course di UNIBA Madura.

“Pengajar dari Thailand sudah menyampaikan akan memfasilitasi siswa-siswi Thailand untuk dapat kuliah S1 di UNIBA Madura jika mendapatkan beasiswa”, tutur Agung.

Selamjutnya, pada 15 Februari 2020, UNIBA Madura akan memberangkatkan lima mahasiswanya ke Thailand, sebagai tindak lanjut dari kerja sama tersebut. Putra putri asli Madura tersebut akan melakukan pengabdian kepada masyarakat atau community service selama sebulan.

Materinya, mengenai pengajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ke siswa-siswa setingkat SMP-SMA di Provinsi Songkhla, Thailand. Kelima mahasiswa tersebut membantu untuk membangun dan mengembangkan english area yang terinspirasi seperti Kampung Inggris di Pare, Kediri.

“Kelima mahasiswa yang diberangkatkan telah terseleksi berdasarkan kemampuan bahasa Inggris dan mendapatkan pembinaan dari UNIBA Madura,” pungkasnya. (imd/waw)

Komentar

News Feed